Beli Properti Pakai Duit Orang Lain, Begini Caranya!

Ada pengembang yang punya proyek ratusan hingga ribuan hektar tanpa beli tanah. Ada pula investor yang membeli banyak properti dengan uang orang lain.

RumahHokie.com – Kisah-kisah pensiun dini (early retired) kesannya lebih keren daripada pensiun tua. Apalagi sudah game over sebelum pensiun.

Benarkah begitu? Anak tertua Lady Diana, Pangeran William, Juli 2017 lalu pensiun sebagai pilot Air Ambulance karena harus memangku tugas kerajaan Inggris. Keren.

Baca Juga: Sales Properti: Antara Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Robert Kiyosaki pensiun di usia 45. Di bukunya, “Retire Young-Retire Rich” halaman 29 – 37 ada kisahnya yang keren dengan sub topik pensiun dini.

Singkatnya dia kaya karena pakai duit orang lain (with other’s people money). Ya, dia utang untuk beli banyak propertinya. Hasil sewanya buat nyicil dan setelah menunggu sekian tahun, dia dapat untung dari penjualan. Keren.

Ciputra punya proyek-proyek ratusan hingga ribuan hektar tanpa beli tanah. Dia hemat minimal 25% dari modal beli tanah.

Baca Juga: Strategi Menjual Properti dengan Cara Unik dan Rada Gokil

Equity-nya cuma bikin gerbang dan patung kuda di setiap proyeknya. Selebihnya, otaknya yang muter sehingga pemilik tanah happy, Ciputra juga senyum-senyum. Tapi kuda Ciputra dipelihara, bukan ditunggangi bawa-bawa karung beras. Keren.

Makanya, sales properti yang kaya dan sales miskin—pinjam istilahnya Tirta Setiawan—cuma beda prioritas. Sales kaya bangun tidur terus nyalain mobil mewah. Sales miskin, nyalain mobil dulu, baru kemudian bangun tidur. Ngimpi kalee!!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda