Beli Rumah Subsidi, Harus Jeli Memilih Lokasi

Untuk dapat kucuran KPR, gaji Anda minimal tiga kali angsuran. Ongkos transportasi jadi murah ke tempat kerja kalau Anda jeli memilih lokasi yang pas.

Perumahan subsidi Villa Kencana Cikarang
Perumahan subsidi Villa Kencana Cikarang (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com – Mau tak mau bicara cabe. Inilah negeri paling hebat karena cabe jadi isu nasional. Nah, makan tanpa cabe, seperti mobil tanpa roda, rumah tanpa pintu, atau kamar tanpa lemari. Nggak bikin mati, tapi sebel kalo nggak pakai sambel.

Ada juga properti yang bikin sebel. Saya disemprot oleh kawan gara-gara menulis ide kaya dengan investasi di low cost housing. Saya sadar bahwa pena itu bisa pedas. Kata dia, salah kalau ngajarin orang cari untung beli rumah dari fasilitas subsidi. Itu tidak amanah. Dia benar dan saya salah. Mengapa?

Beli properti murah dengan fasilitas FLPP itu jangan dilihat dari kacamata investasi murni, tapi end-using residence. Nama “residence” itu akarnya “reside” alias bermukim. Bukan beli trus cari untung.

Maka, jika saudara kita memberi dengan fasilitas KPR BTN dengan DP1%, bunga 5%, dan tenor 25 tahun, idenya harus mendorong mereka beli untuk ditempati sendiri. Jadi, ayo belajar punya rumah sendiri.

Beli perumahan sederhana harga Rp123 juta (harga disesuaikan wilayah), DP cuma Rp1,2 juta. Dengan tenor 25 tahun dan bunga 5%, maka angsuran Anda Rp711.855 per bulan.

Untuk dapat kredit, gaji Anda minimal tiga kali angsuran. Ongkos transportasi jadi murah ke tempat kerja kalau Anda jeli memilih lokasi yang pas.

Kantor di Sudirman CBD, Anda beli di Tenjo, Maja, Cisauk, dan Rengas jika dari Tangerang/Banten. Anda beli di Tambun, Jati Mekar, Setu/Bantar Gebang kalau dari Bekasi. Beli di Bojonggede, Citayam, Ciampea kalau dari Bogor. Semua itu berbasis kereta api komuter. Motor parkir di stasiun.

Kalau nggak ada kereta api, LRT, atau MRT? Ya tinggal di dekat Semanggi saja. Di situ ada “FLPP” juga. Namanya Mangkuluhur City: apartemen super mewah dengan harga Rp78 miliar per unit dengan luas luas 1000 m2.

Itu FLPP alias Fasilitas Lengkap Paling Pantas. Pedas banget, Bro!

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda