Beli Rumah Tanpa Melihat Langsung, Kini Makin Tren di Amerika Serikat

Generasi milenial paling banyak melakukan penawaran rumah tanpa mengunjungi lokasi lebih dulu. Lantas, apa kelebihan dan kelemahan cara membeli seperti ini?

Beli Rumah Tanpa Melihat Langsung, Kini Makin Tren di Amerika Serikat
Virtual Reality (Foto: Pixabay - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Washington) – Tahun 2016 lalu, satu dari tiga pembeli rumah mengaku bahwa mereka melakukan penawaran tanpa survei atau melihat rumah yang dibeli terlebih dahulu.

Menurut hasil survei pembeli rumah di Amerika Serikat yang dilakukan perusahaan broker real estat Redfin, generasi milenial cenderung membuat penawaran tanpa melihat rumah secara langsung dengan persentase sebanyak 41%. Bandingkan dengan Gen-X yang hanya 30% dan generasi baby boomer yang hanya 12%.

Baca Juga: Tips Melakukan Survei Rumah

Dinukil dari laman WashingtonPost.com, hasil survei ini cukup mengejutkan. Pasalnya, para pembeli ini membuat salah satu transaksi finansial terbesar dalam hidup mereka, dan mereka bersedia melakukannya tanpa melihat rumah yang dibeli terlebih dahulu.

Lantas, apakah ini tren positif dan apa penyebabnya?

Memang, tak semua calon konsumen yang melakukan penawaran tanpa melihat rumah ini jadi membeli. Meski demikian, jika sepertiga dari semua calon konsumen menawar tanpa melihat properti yang akan dibeli, bisa diasumsikan bahwa pembelinya tak hanya dari luar kota atau luar negeri.

Baca Juga: 20 Nama Depan Pemilik Rumah dengan Harga Termahal di Amerika

Asumsi kedua, para responden membeli rumah yang masih dalam tahap konstruksi. Demikian penuturan Marshall Park, broker properti Redfin di Virginia.

Secara umum, imbuhnya, bagi sebagian besar pembeli, menawar tanpa melihat properti lebih dahulu terlalu berisiko. Namun, di sisi lain, kemajuan teknologi dan kecepatan pasar ditengarai berkontribusi terhadap tren ini.

Melimpahnya foto-foto di listing, teknologi 3D interaktif, serta Google Maps,  membantu pembeli merasa nyaman melakukan penawaran tanpa harus mengunjungi rumah yang akan dibeli.

Tidak Disarankan
Pola di pasar properti tradisional: listing rumah yang sering dipasang pada Kamis atau Jumat, sementara open house umumnya dilakukan pada Ahad, dan kemungkinan transaksi rumah tersebut bisa terjadi pada Senin atau Selasa.

Bagi pembeli yang melihat listing rumah yang menjanjikan secara online, tapi tidak bisa mengunjungi rumah tersebut, bisa mengerti alasan mereka untuk menawar tanpa melihat lebih dulu. Namun, hal itu sangat tidak disarankan oleh Marshall Park.

Baca Juga: Hotel Paling Legendaris di New York Ini Terpaksa Ditutup

Alasannya, penjual cenderung tidak menerima tawaran Anda jika mereka tahu Anda belum pernah melihat rumah. Penjual ingin tahu bahwa Anda serius!

Untuk membuat penjual percaya, Anda sebaiknya menyerahkan uang tanda jadi—yang tak dapat ditarik kembali—sebagai tanda bahwa Anda pembeli serius.

Hal ini mungkin terdengar berlebihan, namun cara ini adalah strategi umum yang paling efektif di pasar yang paling kompetitif sekalipun.

Tips Beli Rumah Tanpa Survei
Jika Anda harus membeli rumah tanpa terlebih dahulu melakukan kunjungan ke lokasi, ada beberapa tips yang perlu diingat:

Pertama, minta agen properti Anda melakukan tur video secara langsung dari rumah yang akan dibeli. Melalui video, Anda dapat mengajukan pertanyaan dan melihat rumah secara detail.

Baca Juga: Diserbu Pembeli Asing, Sydney Masih Kekurangan Pasokan Hunian

Kedua, mengirim seseorang yang Anda percaya. Mintalah agen Anda untuk menemani teman atau anggota keluarga Anda yang tinggal dekat dengan lokasi.

Seseorang yang mengenal Anda dengan baik bisa menjadi aset besar. Jika mereka tidak merekomendasikan rumah tersebut, maka sulit bagi Anda membayangkan Anda sekeluarga tinggal di sana.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda