Beragam Kelebihan Cat Waterproofing yang Cegah Rembesan Air Hujan

Jika dibiarkan terlalu lama, rembesan pada dinding rumah dapat mengakibatkan timbulnya jamur dan kerusakaan yang lebih parah.

Cat Waterproof, musim hujan, dinding rembes
(Foto: rudydewanto)

RumahHokie.com (Jakarta) – Menjaga kondisi bangunan rumah sangat-lah penting. Apalagi
ketika musim hujan datang. Bagian dinding hunian menjadi rentan mengalami rembesan karena paparan air hujan yang terus menerus.

Jika dibiarkan terlalu lama, rembesan pada dinding rumah dapat mengakibatkan kelembapan, sehingga timbulnya jamur dan kemungkinan timbulnya kerusakaan yang lebih parah.

Cat dinding biasa umumnya tak tahan terhadap paparan air hujan dan panas matahari terus menerus. Ketika hujan turun, bukan tidak mungkin dinding eksterior rumah tak kuat dan akhirnya mengelupas serta berpotensi menimbulkan rembesan.

Baca Juga: Begini Kriteria Cat Dinding yang Aman Menurut Ahli Kesehatan

Salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya adalah mengaplikasikan cat waterproofing yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Terbuat dari bahan campuran lateks, minyak, serta concrete base, produk material bangunan ini dapat mencegah air hujan yang menembus melalui pori-pori dinding yang membesar.

Penggunaan cat waterproofing juga akan menjaga kelembapan dinding. Secara otomatis akan mencegah permukaan dinding ditumbuhi oleh jamur.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Bercak Air di Dinding Rumah?

Oleh karena sifat cat waterproofing kedap air, pemilik properti yang menggunakan pelapis tersebut tidak perlu khawatir apabila ada noda kotoran yang menempel di dinding. Umumnya, dinding yang dilapisi cat waterproofing dapat dibersihkan dengan mengggunakan air sabun, spons, dan sikat.

Ruangan yang perlu cat waterproofing dan cara aplikasinya
Terdapat beberapa ruangan yang perlu menggunakan cat waterproof. Anda dapat mengaplikasikannya pada bagian dinding luar (eksterior) bangunan.

Selain itu, dinding pada area kamar mandi pun menjadi bagian yang juga harus dilapisi dengan cat waterproof. Hal itu untuk mencegah kerusakan dan kelembapan yang tinggi di kamar mandi. Bagian atap juga perlu dilapisi pelapis anti air tersebut. Gunanya, agar atap rumah mengalami kebocoran.

Baca Juga: Infografis: Tips Memperbaiki Retak Rambut di Dinding Rumah

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan cat waterproofing?

Terdapat 2 langkah untuk mengaplikasikannya. Langkah pertama, membersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari debu, minyak, jamur, cat yang mengelupas, dan sebagainya.

Jika ada permukaan dinding yang berlubang atau mengalami retak rambut sebaiknya ditambal atau diperbaiki terlebih dahulu.

Kemudian, langkah kedua pastikan dinding dalam keadaan kering sebelum melapisinya dengan cat waterproof. Dengan cara tersebut, cat waterproof bisa melapisi
permukaan dinding dengan sempurna.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda