Berapa Harga Emosional Sebuah Properti Second?

Barang-barang prevoled sama persis dengan properti. Semakin lama, klasik dan milik orang top, harganya bakal emotional dan keluar dari prinsip-prinsip appraisal yang biasa.

timbangan hati uang rumah - rumahhokie - dok
Foto: Dioleh Oleh RumahHokie.com

RumahHokie.comPreloved. Ini sebutan untuk barang-barang mewah bekas pakai yang diperjualbelikan. Tidak harus milik artis atau komedian top. Jika Anda punya tas Balenciaga atau Chloe, boleh consign alias titip jual.

Barang-barang mewah itu akan diuji dulu keasliannya sebelum dipajang. Murah? Tidak juga, karena beberapa merek yang langka dan uptrend justru bisa naik harganya meski second hand. Anda tertarik? Bisa cek di beberapa situs lokal.

Baca Juga: Mau Cepat Kaya dari Jualan Properti, Cari Impulse Customers!

Barang-barang prevoled sama persis dengan properti. Semakin lama, klasik dan milik orang top, harganya bakal emotional dan keluar dari prinsip-prinsip appraisal yang biasa.

Rumah di Downing Street nomor 10 hanya hunian biasa pada lingkungan rumah berhimpitan kiri-kanan di seberang Sungai Thames di London.

Tapi, bayangkan harganya kalau dijual, karena itulah kediaman resmi Perdana Menteri Inggris. Tapi, dimanapun di dunia ini, Anda tidak serta-merta bisa beli rumah-rumah bersejarah (heritage) karena negara punya opsi untuk beli lebih dulu, agar jadi situs bagi anak-anak muda belajar.

Baca Juga: Copy Cat and Yes Market: Semua Orang Adalah Pembeli Emosional

Makanya, Anda tetap harus punya rumah yang tidak pernah dijual dalam waktu lama. Siapa tahu, cucu Anda kelak akan menjadi Presiden RI, atau paling tidak, ya jadi pesepakbola seperti Leo Messi.

Kalau cuma jadi ketua DPR atau menteri, apalagi cuma ketua KONI, ya tahu dirilah: rumahnya tidak akan dibeli orang dengan harga lebih mahal. Bahkan ditawar habis karena buat ongkos bersih-bersih.

Pisahkan antara properti untuk investasi dengan rumah tinggal untuk Anda selamanya di situ. Jangan selamanya tidak punya rumah ya. Ayo beli rumah.

Mampu beli mahal, monggo. Mampu beli murah, ya cepat-cepat. Ada yang Rp127 juta di Meikarta, ada Rp1,27 miliar di Purwakarta, ada Rp12,7 miliar di Yogyakarta, dan Rp127 miliar di Jakarta. Jangan kalah dengan Mang Karta.

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda