Berencana Mengganti Cat Rumah? Perhatikan Dahulu 5 Hal Ini

Untuk mendapatkan hasil pengecatan di dinding rumah yang maksimal, diperlukan berbagai persiapan yang perlu dilakukan hingga pemilihan cat yang tepat.

Tips Mengecat-RumahHokie.com-wallypfister
(Foto: wallypfister)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kurang lebih seminggu lagi bulan suci Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat muslim akan datang. Banyak hal yang dipersiapkan dalam menyambut moment tersebut. Salah satunya dengan mengganti cat rumah, agar hunian miliknya semakin indah dan bersih.

Namun, untuk mendapatkan hasil pengecatan di dinding rumah yang maksimal diperlukan berbagai persiapan hingga pemilihan cat yang tepat. Nah, berikut ini 5 hal yang harus Anda ketahui, Hokie People sebelum mengecat ruangan di rumah.

Lakukan persiapan ruangan yang ingin dicat
Tidak dapat dipungkiri melakukan persiapan akan selalu mempermudah pekerjaan. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan sebelum proses pengecatan interior rumah adalah mengeluarkan semua barang dari dalam ruangan.

Bisa pula dengan menjauhkan berbagai barang dari area dinding yang ingin dicat. Jangan lupa pula untuk melapisi lantai agar tidak terkena cat. Persiapan lain adalah memperbaiki lubang bekas paku di dinding.

Baca Juga : Ini Dia Tips Dalam Memilih Warna Cat pada Fasad Rumah

Coba dahulu warna cat
Walaupun ketika membeli cat selalu ditunjukan kartu palet warna, akan tetapi Anda belum melihatnya bagaimana warna cat setelah diaplikasikan di dinding.

Sebagai solusinya cobalah dahulu warna cat dengan cara membeli sampel, lalu kemudian aplikasikan. Lihatlah bagaimana warna tersebut di pagi dan malam hari. Bisa saja warna yang Anda sukai ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Tentukan doff atau glossy
Banyak orang melakukan kesalahan dalam memilih jenis tampilan cat. Baik doff ataupun glossy, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dibandingkan dengan cat doff, cat glossy akan lebih mudah dibersihkan. Akan tetapi, cat glossy akan semakin menonjolkan ketidaksempurnaan dinding.

Baca Juga : Cat Pada Permukaan Gipsum Mengelupas, Apa yang Harus dilakukan?

Gunakan cat primer terlebih dahulu
Cat tidak akan diaplikasikan hanya dengan satu lapis saja. Ada cat primer yang harus digunakan pada lapisan pertama. Fungsinya untuk melapisi dinding dan memberi tempat untuk cat Anda menyerap. Akan tetapi, bukan berarti menggunakan cat primer Anda tidak perlu membersihkan dinding.

Tentukan berapa banyak cat yang dibutuhkan
Hal yang paling menyebalkan saat mengecat dinding adalah cat habis sebelum
selesai mengecat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk perhitungkan berapa banyak cat yang Anda butuhkan. Jangan sampai pekerjaan tertunda karena cat habis.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda