Berikut Ini Penyebab Pendingin Ruangan Kurang Maksimal

Salah satu penyebab AC jadi kurang maksimal yaitu terjadinya kebocoran pada pipa freon. Jika tidak segera diperbaiki, energi yang disalurkan pada ruangan jadi tidak optimal.

Supaya kondisi mesin prima, sebaiknya lakukan pembersihan AC secara rutin. Foto: 2.bp.blogspot.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Penggunaan mesin pendingin ruang satu ini sudah menjadi kebutuhan di setiap rumah. Apalagi jika cuaca kurang bersahabat, Air Conditioner (AC) jadi perangkat paling tepat mengembalikan kondisi udara menjadi lebih sejuk.

Anda yang sudah terbiasa menggunakan mesin ini tentu akan bermasalah jika mesin pendingin tersebut tidak mampu mengembuskan udara dinginnya secara maksimal.

Baca juga: Agar Jendela Kaca Terlihat Lebih Kinclong, Ikuti Langkah Ampuh Ini

Lalu, apa penyebab AC tidak bisa bekerja dengan baik? Walaupun mesin telah beroperasi dalam waktu yang lama, AC tersebut tidak mampu membuat kondisi ruang jadi dingin.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi AC tidak bisa menghasilkan suhu udara dingin di dalam ruangan.

Listrik Tidak Stabil
Tidak stabilnya pasokan listrik dapat menyebabkan AC tidak dapat bekerja secara maksimal. Dari sekian perangkat elektronik, mesin pendingin satu ini membutuhkan tenaga listrik paling besar dan stabil. Karenanya, mesin ini rentan terhadap pasokan listrik yang tidak stabil.

Kurang maksimalnya kerja mesin ini juga dapat diakibatkan oleh kesalahan pada sambungan listrik. Biasanya pasokan listrik yang maksimal ke AC membutuhkan tiga phase, kurang dari itu, tentu akan membuat perangkat elektronik ini bermasalah.

Untuk mengetahui sambungan listrik yang ada di rumah, Anda bisa melihat sambungan kabel yang mengarah ke meteran listrik. Jika kabelnya berjumlah dua, berarti listrik tersebut hanya memakai satu phase. Namun jika jumlahnya empat phase, berarti sambungan terdapat tiga phase.

Freon Habis
Hal lain yang menyebabkan pendingin ruangan tidak bisa bekerja optimal adalah freon atau gas yang mengeluarkan udara dingin dari AC itu kurang atau habis. Secara otomatis, tingkat kedinginan AC akan mengalami pengurangan (tidak dingin).

Pada umumnya, elemen elektrik yang menghasilkan freon ada di dalam mesin tersebut memiliki umur tertentu. Karena itu, perlu diperhatikan dalam secara berkala.

Faktor penyebab lain yang bikin mesin pendingin ruang ini jadi kurang maksimal yaitu terjadinya kebocoran pada pipa freon. Jika demikian, tentunya energi dingin yang disalurkan pada ruangan jadi tidak optimal.

Jika dibiarkan berlarut, kebocoran pipa nantinya akan merusak mesin itu. Sebisa mungkin, jika terjadi kebocoran segera lakukan pengecekan pipanya.

Selain pipa bocor, AC yang lama tidak dibersihkan juga dapat menyebabkan kinerja mesin tersebut tidak bisa menghembuskan udara yang dingin.

AC kotor juga bisa menyebarkan aroma yang tidak sedap, kotoran yang melekat pada saringan akan menutup jalan keluar udara. Dengan demikian, secara otomatis kehadiran AC dalam ruangan jadi tidak fungsional, karena udara yang keluar tidak dingin dan segar.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda