Berkesan Futuristik dan Menawan dengan Desain Tangga Melayang

Desain tangga dengan model seolah-olah melayang dapat membuat ruangan hunian terlihat lebih atraktif, unik, dan terkesan futuristik.

Tangga Melayang-RumahHokie.com-Istimewa-verseksmsek.com
Floating staircase atau tangga yang dibuat seolah melayang, bisa diterapkan pada interior bergaya modern, industrial, ataupun kontemporer. (Foto: verseksmsek.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tangga merupakan salah satu elemen fungsional yang hampir selalu ada di dalam sebuah bangunan rumah, terlebih apabila hunian dibangun secara bertingkat. Berfungsi sebagai penghubung antar lantai, saat ini tangga tampil dengan berbagai desain yang dapat menambah estetika interior hunian.

Salah satu rancangan tangga yang banyak diaplikasikan pada bangunan rumah tinggal adalah floating staircase. Desain tangga dengan model seolah-olah melayang ini dapat membuat ruangan terlihat lebih atraktif, unik, dan futuristik.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Tangga Putar Tak Selamanya Bawa Sial

Karena dapat membuat kesan seperti itu, aplikasi model desain tangga tersebut mampu menjadi point of view tersendiri bagi ruangan. Pemilik rumah dapat menambahkan tata cahaya lampu

Desain tangga melayang pada dasarnya dibuat dengan material papan atau balok anak
tangga dipasang dan direkatkan pada dinding rumah, serta tanpa pegangan (railing).

Namun, bagi sebagaian orang tetap merasa tak nyaman apabila tangga tak dilengkapi oleh railing. Sebagai solusinya, pemilik rumah bisa tetap menghadirkannya dengan membuat pembatas dari material tempered glass atau kaca transparan di kedua sisi tangga.

Baca Juga: Hindari Kesalahan Ini, Jika Ingin Interior Hunian Anda Tampil Menarik

Ada banyak variasi rancangan tangga melayang yang bisa anda terapkan. Misalkan saja, tangga yang menggunakan pembatas atau railing, akan tetapi hanya pada bagian dinding. Pemilik rumah juga dapat menggunakan tali baja yang dipasang berderet pada bagian plafon.

Dengan cara seperti itu, kesan seolah-olah melayang tetap dapat dipertahankan. Namun, seperti apa pun bentuk desainnya, pemilik rumah harus memastikan struktur tangga haruslah kuat untuk menahan beban di atasnya.

Selain material kayu yang umumnya dipakai sebagai anak tangga, anda pun dapat memilih bahan material alternatif, seperti kaca tempered glass, plat besi ataupun plastik yang memang dibuat khusus untuk tangga.

Agar area tangga melayang tampil lebih indah, bisa ditambahkan pula tata cahaya lampu  dengan menggunakan teknik indirect lighting. Dengan teknik tata cahaya seperti itu, membuat area tangga melayang akan tampil lebih dramatis dan menawan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda