Bermitra dengan SCG, Dow Ubah Sampah Plastik Jadi Aspal Jalan

Dow Thailand Group dan SCG bekerjasama mengembangkan bahan baku jalan raya aspal yang terbuat dari daur ulang sampah plastik.

SCG-Dow Company-RumahHokie.com-istimewa.jpg
(Foto: SCG)

RumhHokie.com (Bangkok) – Dow Thailand Group dan Siam Cement Group (SCG) mengumumkan kerja sama untuk mengolah plastik daur ulang menjadi jalan aspal. Upaya tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi sampah plastik di laut, meningkatkan kualitas jalan raya dan emisi rumah kaca selama proses konstruksi.

Proyek kolaborasi yang dilakukan oleh Dow Thailand dengan SCG ini sejalan dengan program Sustainability Goals Dow 2025 menuju circular economy yang memiliki misi membangun iklim bisnis berkelanjutan bagi produsen dan konsumen plastik.

Dikutip dari siaran pers yang diterima oleh RumahHokie.com, Kamis (12/07/2018), Jeff Wooster, Global Sustainability Director, Dow Packaging & Specialty Plastics mengatakan kolaborasi dengan dalam pengembangan jalan raya ini, membawa pihaknya satu langkah lebih dekat untuk mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan.

Baca Juga : SCG Tampilkan Inovasi Terbaru di Architect Expo 2018

Menurut Departemen Sumber Daya Laut dan Pesisir Thailand, di negara tersebut berada pada peringkat 6 dari 192 negara yang memiliki sampah terbanyak di perairan laut.

Terdapat sekitar 11,5 juta ton sampah di 23 provinsi pesisir, dan 1,5 juta di antaranya terdiri dari sampah plastik.

Sementara itu, Roongrote Rangsiyopash, Presiden & CEO SCG berujar, pihaknya telah bermitra dengan organisasi lokal maupun internasional untuk memberikan nilai tambah bagi limbah plastik dan meningkatkan pengetahuan serta pengembangan produk daur ulang ini.

“Inovasi jalan berbasis plastik daur ulang ini ramah lingkungan dan benar-benar akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Roongrote.

Baca Juga : SCG Undang Semua Sektor untuk Dukung Penerapan Circular Economy

Selain di Negeri Gajah Putih, Dow kini juga telah bermitra dengan India dan Indonesia untuk melakukan proyek serupa dalam mengolah plastik daur ulang menjadi jalan aspal.

Di negara India, lebih dari 100 metrik ton plastik daur ulang diubah menjadi jalan yang membentang sepanjang 40 km di kota Pune dan Bangalore.

Sedangkan di Indonesia, Dow dan SCG tengah melakukan uji coba pertama proses penggunaan plastik untuk pembangunan jalan raya beraspal.

Mereka telah mengubah 3,5 ton metrik sampah plastik menjadi jalan raya sepanjang hampir
dua kilometer yang mencakup area seluas 9.881 meter persegi di Depok, Jawa Barat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda