Biar Koleksi Buku Tersimpan Baik, Yuk Adopsi Perpustakaan Mini

Memiliki perpustakaan pribadi di dalam rumah merupakan impian bagi Anda yang suka membaca. Namun terkadang, untuk mewujudkannya terganjal keterbatasan ruang.

Menempatkan buku kesayangan juga bisa diletakkan pada ruang kerja.

RumahHokie.com (Jakarta) – Anda yang gemar membaca tentu bakal kesulitan untuk menyimpan tumpukan koleksi buku kesayangan, apalagi jika luas rumah tersebut terbatas.

Buku yang menumpuk dan dibiarkan tercecer di ruangan terkadang jadi masalah baru. Lalu, harus menaruh dimana benda berharga tersebut?

Banyak orang beranggapan menghadirkan perpustakaan itu memakan ruang yang luas dan biaya pembuatannya pun terbilang mahal.

Baca juga: Perpaduan Bentuk Lampu Ciptakan Konsep Ruang Nan Elegan

Padahal dengan memaksimalkan ruang yang ada dengan material yang sederhana di rumah, Anda bisa menyulapnya ruang tertentu menjadi area yang bermanfaat untuk menyimpan buku kesayangan.

Ya, agar buku tersimpan dengan baik, ada baiknya Anda mengeksplorasi area khusus yang kiranya bisa dijadikan ruang displai tempat menaruh buku. Lahannya tidak perlu luas, asalkan bentuk dan fungsi ruangnya tepat, buku kesayangan dapat terjaga dengan baik.

Anda bisa mengorbankan sedikit area untuk membentuk sedemikian rupa menjadi perpustakaan mini di sudut tertentu, meski lahan huniannya tak memadai.

Pilih Area yang Tepat
Cara termudah membentuk area perpustakaan mini adalah dengan membuat rak lemari buku yang dapat disatukan dengan kabinet televisi di bagian ruang keluarga. Dengan ditempatkannya di area ini, Anda bisa dengan mudah membaca tanpa perlu ke ruangan khusus.

perpustakaan-rumahhokie-dedy mulyadi-dok2

Selain itu, Anda bisa pula membuat lemari yang tertanam pada dinding (built-in). Dengan begitu, ruangan akan terlihat lebih rapi dan lega.

Menempatkan buku kesayangan juga bisa diletakkan pada ruang kerja. Tujuannya agar mudah bila suatu saat Anda ingin membaca, buku tersebut bisa dengan mudah didapatkan.

Model desain yang bisa di adopsi dapat berbentuk yang sederhana (kotak-kotak). Biar terlihat apik dan menarik, tuangkan warna yang sesuai dengan warna dinding ruang. Supaya terkesan clean, Anda dapat menuangkan warna putih pada kulit rak perpustakaan tersebut.

Dengan kehadiran perpustakaan mini dalam rumah, selain akan nampak rapi, penempatan tumpukan buku koleksi tersebut juga dapat mempercantik tampilan ruang.

Sehingga, buku-buku koleksi pun tak sekedar disimpan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai objek pajangan yang sifatnya dekoratif.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda