Bidik Sektor Properti, Sigfox Resmi Luncurkan Jaringan IoT di Indonesia

Tidak hanya untuk industri manufaktur dan bisnis pada umumnya, akan tetapi IoT Sigfox juga dapat digunakan oleh pengembang properti.

Sigfox Indonesia, jaringan Internet of Things
CEO Sigfox Indonesia, Johnny Swandi Sjam, saat menjelaskan keunggulan jaringan 0 G untuk Internet of Things, Selasa (18/02/2020) di Jakarta Selatan. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Perusahaan asal Perancis, Sigfox resmi beroperasi di Indonesia dengan meluncurkan jaringan OG untuk jaringan Internet of Things (IoT).

Bagi konsumen, jaringan 0G Sigfox diklaim bisa memudahkan mereka dalam melakukan proses bisnis yang efektif dan efisien, serta pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat.

CEO Sigfox Indonesia, Johnny Swandi Sjam mengatakan jaringan Internet of Things merupakan teknologi yang dapat menjawab permasalahan di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam sektor properti.

Baca Juga: Apple, Google dan Amazon Kerjasama Kembangkan Sistem Smart Home Terintegrasi

“Teknologi IoT dapat merevolusi dan mengatasi permasalahan dalam kehidupan
sehari-hari untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik,” jelas Johnny saat
jumpa pers, Selasa (18/02/2020) di Jakarta Selatan.

Tidak hanya untuk industri manufaktur dan bisnis pada umumnya, akan tetapi IoT Sigfox menurut Johnny, juga dapat digunakan oleh pengembang properti.

Sebagai langkah awal kehadirannya di Tanah Air, Sigfox Indonesia akan menawarkan dua perangkat sensor yang bisa digunakan dalam smart home system.

Dia lebih lanjut menerangkan dengan perangkat sensor, pemilik properti dapat mengetahui berbagai hal informasi mengenai kondisi huniannya.

Baca Juga: Melalui ‘City of Light’, Signify Kenalkan Inovasi Sistem Pencahayaan Internet of Things

“Banyak orang kini pasang sensor di dalam rumahnya untuk mengetahui kondisi di dalam rumah. Sensor ini pun bisa diterapkan sebagai alarm keamanan di pintu rumah, mengetahui suhu ruangan ataupun untuk memantau keadaan kolam ikan sekalipun,” katanya.

Johnny Swandi Sjam berujar hadirnya teknologi Internet of Things, bisa pula menjadi salah satu elemen penambah nilai jual pada properti di masa mendatang.

“Keberadaan IoT bisa menjadi nilai tambah (properti). Mungkin saat ini hanya sekedar teknologi pelengkap. Namun, nantinya, IoT akan menjadi kebutuhan pokok, seperti laiknya smartphone di era saat ini,” tutur Johnny.

Baca Juga: Keran Pintar Ini Bisa Sesuaikan Suhu Air Hanya dengan Perintah Suara

Ia mengatakan pada tahap pertama, jaringan IoT 0G Sigfox akan mulai tersedia di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) serta Bandung.

“Kedepannya, kami akan terus mengembangkan jaringan ini. Tergantung kebutuhan dari pelanggan. Salah satu yang kami bidik adalah sektor properti, karena banyak hal yang bisa dilakukan secara otomatisasi dengan teknologi Internet of Things,” tandas Jonny.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda