Biro Desain di China Ini ‘Sulap’ Kontainer Bekas Jadi Bangunan Modern

Proyek bangunan modern yang dinamai 'The Solid and Void' ini dirancang dengan menggunakan kontainer pengiriman bekas dari kapal ekspedisi.

Rumah dari container pengiriman, Yiduan Shanghai Interior Design, The Solid and Void
(Foto: Zhu Enlong - Yiduan Shanghai Interior Design)

RumahHokie.com (Shanghai) – Sebuah biro desain interior dan arsitektur di China, Yiduan Shanghai, telah berhasil mengubah 10 kontainer pengiriman menjadi bangunan rumah modern yang memesona.

Berdiri di Pulau Chongming Shanghai, China, proyek gedung yang dinamai ‘The Solid and Void’ ini dirancang dengan menggunan kontainer pengiriman bekas dari kapal ekspedisi.

Material kontainer tersebut disusun sedemikian rupa dan ‘dibingkai’ menggunakan kayu oleh sang biro desain tersebut, sehingga membentuk arsitektur gedung seluas 1.799 meter persegi yang inovatif dan modern.

Baca Juga: Desain Rumah Karya Zaha Hadid Ini Seperti Pesawat Luar Angkasa

Rumah dari container pengiriman, Yiduan Shanghai Interior Design, The Solid and Void
Bangunan rumah ini ‘dibungkus’ oleh kisi-kisi yang terbuat dari material kayu. Selain mampu meredam paparan sinar matahari berlebih, aplikasi ini juga memberi nuansa alami pada bangunan. (Foto: Zhu Enlong – Yiduan Shanghai Interior Design)

Dilansir dari Inhabitat, Rabu (15/05/2019), salah seorang desainer dari Yiduan Shanghai menjelaskan bahwa mereka merancang proyek ini dengan berpikir out of the box.
Para desainer mencoba mengkolaborasikan kontainer bekas dengan material alami.

Dalam proses pembuatannya, kotak-kotak kontainer bekas itu diletakkan tumpak tindih, sehingga menghasilkan bentuk arsitektur tampak modern dan futuristik.

Baca Juga: Rumah Beton 3D yang Dibangun Hanya Membutuhkan Waktu 48 Jam

Rumah dari container pengiriman, Yiduan Shanghai Interior Design, The Solid and Void
Pengunaan kontainer disusun secara asimetris, sehingga menciptakan bentuk bangunan yang dinamis. (Foto: Zhu Enlong – Yiduan Shanghai Interior Design)

“Kotak-kotak kontainer itu dibingkai oleh kisi-kisi dari material kayu, sehingga meningkatkan area yang dapat digunakan, memenuhi tuntutan fungsional dan membentuk tampilan kontras yang solid,” tuturnya.

Menurut seorang desainer dari konsultan desain tersebut, penggunaan kisi-kisi dari kayu juga berfungsi sebagai secondary skin pada bangunan.

Baca Juga: Ecobricks: Ubah Sampah Plastik Jadi Selaiknya Batu Bata

Dia mengatakan cahaya alami dapat diredam melalui kisi-kisi, menghasilkan pandangan bayangan cahaya yang puitis.

Bangunan ini mengaplikasikan jendela kaca besar yang dapat memberikan sirkulasi udara dan pandangan ke taman secara optimal.

Dalam keterangannya, bangunan setinggi tiga lantai itu terdiri dari area penerima tamu di lantai pertama, sebuah kafe dan restoran di lantai dua dan ruang kantor dengan ruang rapat di lantai ketiga.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda