BlueScope Akan Bina Kompetensi SMK Bidang Konstruksi Baja Ringan

BlueScope berkomitmen membina dan memberdayakan para siswa dan pendidik di bidang konstruksi dalam hal pemasangan baja ringan, khususnya di sekolah-sekolah menengah kejuruan.

BlueScope Indonesia, BlueScope Akan Bina Kompetensi SMK Bidang Konstruksi Baja Ringan
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta)PT NS BlueScope Indonesia, melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Kamis (22/11/2018) di Jakarta.

Melalui kerja sama ini, BlueScope berkomitmen membina dan memberdayakan para siswa dan pendidik di bidang konstruksi dalam hal pemasangan baja ringan, khususnya di sekolah-sekolah menengah kejuruan.

Dengan memastikan peningkatan kompetensi tenaga kerja konstruksi di Tanah Air, khususnya terkait pemasangan material tersebut, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri baja ringan

Baca Juga: Sebelum Menggunakan Rangka Baja Ringan, Yuk Perhatikan 5 Hal Ini!

Yan Xu, Presiden Direktur PT NS BlueScope Indonesia mengatakan, gencarnya proses pembangunan infrastruktur, membuat konstruksi baja ringan semakin dilirik sebagai material alternatif.

Akan tetapi, kehadirannya yang relatif masih baru membuat tenaga ahli dalam konstruksi baja ringan ini jumlahnya masih cukup terbatas. Ia menyadari untuk membangun industri baja yang berkesinambungan dengan standar yang tinggi, tidak dapat dilakukan sendiri.

“Kerjasama ini merupakan wujud kepedulian kami dalam mempercepat kesiapan siswa SMK bidang konstruksi dan bangunan agar siap langsung terjun ke dunia kerja sebagai ahli pemasang baja ringan,” kata Yan Xu

Baca Juga: Bahan Baku Baja Langka, Harga Rumah Rakyat Berpotensi Meningkat

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dalam sambutan tertulisnya juga menyatakan bahwa ia menyambut baik inisiatif kerjasama yang diajukan oleh BlueScope Indonesia.

“Kami berharap nota kesepahaman ini menjadi awal kerja sama jangka panjang antara dunia pendidikan dan industri baja ringan di Indonesia,” ungkap Effendy.

BlueScope Indonesia dan Kemendikbud akan melaksanakan pelatihan bidang konstruksi baja ringan bagi guru dan peserta didik SMK, termasuk pengembangan materi pelatihan pemasangan dan pemantauan pemasangan baja ringan.

Baca Juga: Daftar Harga Material Bangunan Terbaru Bulan Ini

Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk menetapkan sekolah sasaran, mengadakan magang bagi guru dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi peserta didik; hingga mengembangkan dan memanfaatkan sarana di bidang konstruksi baja ringan.

Selain itu, produsen baja ringan ini telah melakukan pelatihan tukang dan mandor melalui BlueScope Training Center (BTC) yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda