Bos Pollux Properti, Nico Po, Raih Predikat CEO of The Year 2019

CEO Pollux Properti Indonesia, Nico Po dinilai merupakan figur profesional muda dengan talenta manajemen yang kuat. Meski masih muda, namun pemegang gelar doktor ini mampu mengelola bisnis properti dengan membangun sejumlah proyek berskala besar.

Dr-Nico-Po-pollux-properti-indonesia-POLL-meisterstadt-batam-rumahhokie-dok
Nico Po, CEO PT Pollux Properti Indonesia, Tbk (foto: Dok. Pollux)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kinerja PT Pollux Properti Indonesia, Tbk. yang mengilap, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp54,28 triliun (per 3 Oktober 2019) menjadikannya sebagai salah satu perusahaan pengembang dengan pertumbuhan tercepat.

Prestasi yang ditorehkan ini membuat Chief Executive Officer PT Pollux Properti Indonesia Tbk., Nico Po didapuk sebagai “CEO of The Year 2019” dalam acara Indonesia Property & Bank Award (IPBA) 2019, akhir bulan lalu.

Baca Juga: Pendapatan Naik 100%, Ini Strategi Jitu Pollux Properti Indonesia

Indra Utama, Pemimpin Redaksi Majalah Property & Bank—penyelenggara  IPBA 2019—mengatakan, Nico Po merupakan figur profesional muda dengan talenta manajemen yang kuat. Meskipun masih berusia muda, namun pemegang gelar doktor ini dinilai mampu mengelola bisnis properti dengan membangun sejumlah proyek berskala besar.

“Apa yang telah dilakukan dan dicapai oleh Dr. Nico Po saat ini merupakan prestasi dan bisa menjadi contoh bagi kalangan profesional muda. Penghargaan CEO of The Year tahun ini yang kami berikan kepada Dr. Nico Po, sangat tepat dengan melihat kinerja perusahaan yang ia pimpin saat ini. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi semua professional muda,” tutur Indra Utama.

Baca Juga: Ilham Akbar Habibie dan Mimpi Membangun Gedung Tertinggi di Indonesia

Lebih lanjut dia mengatakan, ada beberapa catatan penting yang menjadi faktor penting dalam penilaian IPBA ke-14 ini, yakni ketokohan yang menginspirasi dan panutan atau teladan, millennials, teknologi serta transportasi. Inilah yang mendasari sejumlah penilaian para penerima penghargaan.

Beberapa Proyek Terbaru Pollux Properti
Pasca-Initial Public Offering (IPO), PT Pollux Properti Indonesia, Tbk (POLL) meluncurkan proyek-proyek properti yang ikonik di kawasan masing-masing. Saat ini perseroan tengah menyelesaikan pembangunan mega superblok Meisterstadt Batam yang berkolaborasi dengan keluarga besar mantan Presiden RI, BJ. Habibie (alm) melalui PT Pollux Barelang Megasuperblok.

Proyek di lahan seluas sembilan hektar ini akan merangkum 11 gedung pencakar langit yang terdiri atas delapan menara apartemen sebanyak 6.500 unit, hotel, rumah sakit bertaraf internasional, mal, pertokoan serta perkantoran dengan rencana ketinggian 100 lantai.

Baca Juga: Luncurkan Erleseen Tower, Meisterstadt Batam Saingi Marina Bay Sands

Tak kurang, sebesar Rp11 triliun dana investasi yang dipersiapkan perseroan untuk mengembangkan mega proyek terbesar di Batam tersebut. Pollux Properti Indonesia menargetkan untuk proyek Meisterstadt Batam, akan dilakukan serah terima tiga tower pertama secara bertahap pada akhir 2019. “Meisterstadt Batam dibangun dengan tujuan menciptakan area komersial bertaraf internasional yang menunjang kegiatan free trade zone Asia bagi kota Batam,” jelas Nico Po dalam siaran pers yang diterima RumahHokie.com.

Di Cikarang, lewat PT Pollux Aditama Kencana, Nico Po membangun superblok Chadstone Cikarang—hasil kerjasama dengan Virginia Properti Group. Berlokasi di pintu tol Cikarang Barat Km 28, Chadstone Cikarang mengusung konsep 6 in 1 integrated development, yang merangkum hotel bintang 4+ (178 kamar), apartemen, food & beverage, SOHO (144 unit), Chadstone Mall Cikarang, serta rumah sakit. Proyek ini digadang menjadi landmark tertinggi dan superblok terbesar di Jawa Barat dengan gross floor area lebih dari 300.000 m2.

Baca Juga: Bangun Gangnam District, Pollux Properti Tunjuk Kontraktor China, CNQC

Sementara, melalui perusahaan PT Pollux Kemang Superblok, Nico Po mengembangkan proyek properti multi fungsi bertajuk Gangnam District. Proyek di pusat Kota Bekasi yang dikembangkan dengan nilai investasi mencapai Rp2 triliun ini, dibangun di lahan seluas 2,5 hektar.

Gangnam District merangkum delapan menara apartemen yang akan dilengkapi dengan beragam fasilitas eksklusif, antara lain waterpark, infinity pool, sky terrace, fitur smart home system, access card, dan lain-lain.

Laba Bersih Naik 200,5%
Dari beberapa informasi dan data yang diperoleh, emiten properti POLL menjadi emiten dengan kapitalisasi terbesar di antara emiten properti yang lain. Dikutip dari Bloomberg, kapitalisasi POLL saat ini mencapai Rp54,28 triliun (3 Oktober 2019) dan jumlah tersebut mengalahkan kapitalisasi emiten yang sudah lama bercokol di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: Enam Pengembang Sepakati Pembentukan Komite Koridor Timur Jakarta 

Sejak listing, saham POLL sudah mengalami kenaikan signifikan sebesar 879,67% ke Rp6.525 per saham. Kenaikan ini karena meningkatnya kinerja keuangan perseroan.

Pada semester I-2019 saja, POLL mencetak laba Rp403,51 miliar atau naik sebesar 197,29% dibanding setahun sebelumnya. Laba bersih ikut naik 200,5% menjadi Rp35,85 miliar dengan kontribusi terbesar dari penjualan properti sebesar 93,34%.

Penjualan apartemen tercatat memberikan kontribusi terbesar, yakni mencapai 93,34% dengan nilai sebesar Rp376,65 miliar dari total pendapatan semester I- 2019.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda