Broker Memiliki Peran Penting Pada Keberlangsungan Sektor Properti

Peran broker menjadi salah satu kunci kesuksesan penjualan properti. Tercatat, 10 perusahaan teratas secara kolektif menyumbang 83% dari transaksi sepanjang tahun 2016.

Foto: switzer.com.au

RumahHokie.com (Amerika) – Menggeliatnya pasar properti di Amerika tak terlepas dari peran serta para perantara, dalam hal ini broker. Dalam bisnis saham, obligasi, serta mata uang, pelaku tersebut biasa disebut pialang.

Pialang investasi terus memainkan peran penting dalam menjadikan pasar properti komersial lebih menarik di mata investor.

“Peran mereka (brokerage) di pasar investasi terus berkembang. Sebagai perwakilan dari penjual dan pembeli. Kehadiran mereka berhasil menyumbangkan 68% dari penjualan properti. Pendapatannya tercatat cukup signifikan di tahun 2016,” ucap Bob White, Founder and President Real Capital Analytics

Dalam uraian analisa peringkat tahunan broker investasi yang dilansir Real Capital Analytics (RCA) di seluruh dunia. Konsolidasi dan globalisasi industri broker menjadi sorotan utama.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup Bikin Investasi Properti di Amerika Kian Menarik

Broker Penyumbang Transaksi
“Tercatat, 10 perusahaan teratas secara kolektif menyumbang 83% dari semua transaksi yang ditangani pada tahun 2016, naik dari 76% di tahun 2013,” ucap White.

Menurutnya, hanya tujuh perusahaan yang aktif secara global dengan transaksi yang tercatat di seluruh Amerika, EMEA dan Asia Pasifik. Namun, ketujuh perusahaan ini berada di peringkat delapan besar, dengan satu-satunya perusahaan outlier yang telah melakukan ekspansi ke Eropa.

“Secara keseluruhan, hampir 700 perusahaan tercatat berhasil mencetak transaksi senilai USD10 juta atau lebih pada tahun 2016,” urainya.

Meskipun relatif kecil dan menurun jumlahnya, perusahaan-perusahaan tersebut telah menghubungkan para pemodal dan investor properti.

Investor properti tercatat tumbuh sekitar 200.000. Dari angka tersebut, 20% diantaranya hanya dapat menjadi pembeli atau penjual aktif pada tahun tertentu.

Brokerage telah memainkan perannya dalam memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk memasarkan dan menjual properti. Terutama bagi investor yang ingin melakukan transaksi.

Percepatan penjualan properti juga diimbangi oleh teknologi yang terus berkembang guna mempermudah para broker memuluskan transaksinya.

“Mereka yang sukses biasanya telah memeluk perubahan teknologi. perkembangtidak ada teknologi dalam pelanggaran yang mengancam untuk menggantikan peran agen yang terfragmentasi ini dan beragam aset heterogen.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda