Bukan dengan Garam, Ini Dia Tips Ampuh Cegah Ular Kobra Masuk ke Rumah

Pergantian musim (pancaroba), dari musim panas ke musim hujan, merupakan masa yang ideal bagi kobra dewasa untuk berkembang biak.

Cara mencegah ular kobra masuk ke rumah, tips mencegah ular di rumah
Ular kobra merupakan salah satu hewan berbisa yang berbahaya. (Foto: Pixabay)

RumahHokie.com (Jakarta) – Fenomena kemunculan ular kobra di beberapa tempat di Indonesia telah menghebohkan masyarakat. Munculnya anakan binatang berbisa itu telah melanda beberapa wilayah seperti, Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Karawang, dan daerah lainnya.

Hadirnya bayi-bayi ular kobra bukanlah tanpa sebab. Pergantian musim (pancaroba), dari musim panas ke musim hujan, merupakan masa yang ideal bagi kobra dewasa untuk berkembang biak.

Menurut Wanda Ariesta, Ketua Animal Owners Sociaty (AOS) Yogyakarta, yang dikutip dari Tirto.id, walau memiliki ukuran yang lebih kecil, akan tetapi bayi kobra sama berbahayanya dengan ular kobra dewasa.

Baca Juga: Beberapa Bahan Alami Ini Sanggup Membasmi Tikus di Rumah

Dia mengatakan lebih lanjut, oleh karena itu diperlukan langkah pencegahan agar hewan melata berbisa itu tidak masuk ke ruangan. Berikut ini tips mencegah ular kobra masuk ke dalam rumah.

Bukan dengan menabur garam
Banyak orang beranggapan dengan menabur garam dapat menghalau ular untuk masuk ke rumah. Namun faktanya, menurut Wanda menaburkan garam untuk cegah ular kobra ke dalam hunian tidak akan efektif.

Dia mengatakan, karena hewan itu tidak takut terhadap garam. “Ular tidak takut garam, itu hanya mitos belaka,” ucap Wanda.

Jaga kebersihan rumah
Kobra sangat senang dengan tempat yang lembab dan menyelinap di sela-sela tumpukan barang. Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan rumah serta lingkungan sekitar.

Baca Juga: Berikut Ini Trik Alami Paling Ampuh Basmi Larva Lalat

Bersihkan sampah dan tumpukan barang di lingkungan rumah. Dengan menjaga lingkungan di sekitar rumah selalu tetap bersih, akan menghindari datangnya ular kehunian.

Gunakan kapur barus
Kapur barus atau kamper tidak saja berfungsi sebagai pengharum lemari. Dengan aroma khas yang kuat, ternyata kapur barus ternyata dipercaya mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sarang Lebah yang Menempel di Sudut Rumah

Cara penggunaannya, Hokie People cukup menghaluskan kapur barus dan kemudian menyebarkannya di sekitar rumah atau di sudut-sudut yang dianggap berpotensi datangnya ular.

Semprotkan wewangian
Jika ular kobra sudah masuk ke dalam rumah, Wanda menyarankan penghuni hendaknya jangan panik dan mintalah bantuan. Sebagai antisipasi awal, cobalah untuk menyemprotkan pengharum ruangan atau pembersih kamar mandi di sekitar hewan tersebut.

“Kalau ada ular masuk ke rumah kasih pembersih kamar mandi di sekitarnya, tidak lama akan pergi dengan sendirinya,” tandas Wanda Ariesta.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda