Cara Ampuh untuk Membuat Rumah Anda Beraroma Wangi

Untuk dapat menghadirkan aroma wangi dan segar di dalam rumah perlu dilakukan berbagai langkah, yang salah satunya dengan rebusan rempah-rempah alami.

Tips Jitu Membuat Ruangan Wangi, Pewangi ruangan alami
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap di dalam sebuah rumah? Tentu bau tidak sedap itu terasa tidak menyenangkan dan seketika menggangu rasa kenyaman dan mood positif Anda.

Bau tidak sedap pada ruangan bisa terjadi karena berbagai sebab. Contohnya saja, pendingin udara (AC) yang jarang dibersihkan, akan membawa partikel udara yang mengandung bakteri, sehingga aliran udara sejuk terasa tidak segar dan berbau tidak sedap.

Sisa asap masakan yang menempel pada bagian interior pun bisa menjadi penyebab ruangan hunian beraroma tidak sedap, lho. Nah, untuk menghilangkan permasalahan tersebut perlu dilakukan berbagai langkah pencegahan.

Baca Juga: Mengharumkan Ruangan dengan Baking Soda, Bagaimana Caranya?

Melansir dari laman Goodhousekeeping, Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, Carolyn Forte, memberikan sejumlah tips jitu untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang menempel di ruangan.

Rebus ramuan pewangi dari bahan alami
Langkah pertama yang ia sarankan adalah membuat ramuan pengharum dari bahan-bahan alami. Caranya, rebuslah air di dalam panci kecil. Kemudian, tambahkan irisan jeruk dan rempah-rempah, seperti lavender dan daun mint.

Baca Juga: Aroma Daun Mint, Bikin Tikus Enggan Masuk ke Rumah

Uap panas yang keluar dari hasil rebusan tersebut akan menimbulkan aroma wangi dan dapat menyebar ke seluruh bagian rumah.

Membuat toples beraroma
Langkah kedua, gunakanlah toples yang terbuat dari kaca atau batu. Kemudian, tuangkan air mendidih ke dalamnya dan masukkan beberapa bahan, seperti kayu manis dan apel yang sudah mengering. Aroma yang muncul dari dalam toples tersebut akan mengeluarkan wewangian yang menyenangkan ke seluruh rumah Anda.

Letakkan lilin aromaterapi
Meletakkan lilin aromaterapi pada salah satu sisi ruangan menurut Carolyn merupakan solusi jitu untuk membuat interior hunian Anda berbau wangi.

Baca Juga: Inilah Baragam Manfaat Silica Gel di Rumah Anda

Ia menyarankan untuk meletakkan beberapa lilin tersebut, akan tetapi tidak perlu dinyalakan. Lilin aromaterapi itu akan menimbulkan aroma yang tahan lama, apalagi jika bentuknya didesain dengan bagus sehingga bagus secara estetika.

Bawa tanaman segar ke dalam ruangan
Selain mempercantik ruangan, kehadiran tanaman hias segar di dalam rumah akan memberikan aroma yang wangi nan menyegarkan, lho Hokie People. Anda bisa meletakkan sejumlah tanaman hias yang bisa hidup di ruangan, seperti geranium, melati, gardenia, serta anggrek korsase.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda