Cara Membersihkan Debu pada Kipas Angin Plafon di Ruangan

Seiring dengan pemakaian, ada kalanya kipas angin di plafon akan kotor terkena debu-debu halus yang menempel di bilah-bilahnya.

cara membersihkan kipas angin plafon
(Foto: qhomemart)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki rumah di negara tropis, seperti Indonesia tentunya akan menghadapi musim panas. Untuk memberikan rasa nyaman, umumnya pemilik hunian akan memasang kipas angin di plafon ruangan.

Seiring dengan pemakaian, ada kalanya kipas angin di plafon akan kotor terkena debu-debu halus yang menempel di bilah-bilahnya. Oleh karena itu, pemilik rumah harus membersihkan kipas secara rutin.

Apabila perangkat elektronik itu dibiarkan kotor begitu saja, debu-debu yang menempel
pada kipas angin dapat menyebar ke ruangan dan berpotensi untuk terhirup penghuni rumah. Hal ini tentu saja tidak baik, terutama bagi penderita gangguan pernapasan dan alergi.

Baca Juga: Menghalau Serangan Debu dan Bau di Rumah, Begini Caranya

Membersihkan dan merawat kipas angin secara rutin tidak hanya membantu memastikan kipas angin tetap berfungsi dengan normal dan tampak bersih terawat, namun juga berdampak kualitas udara di dalam rumah tetap terjaga.

Berikut ini cara dan tips untuk membersihkan kipas angin yang menempel di plafon rumah.

Tutup perabotan furnitur dan barang lainnya
Sebelum mulai membersihkan kipas angin plafon, tutuplah terlebih dahulu perabotan furnitur dan barang-barang lainnya yang berada di bawah kipas dengan plastik, koran, atau seprai bekas. Hal ini dilakukan agar debu dan kotoran di kipas tak menempel pada berbagai barang di bawahnya.

Baca Juga: Begini Tips Menangani Plafon Rumah yang Menggelembung

Lepas sambungan listrik pada kipas angin
Demi keselamatan, lepaslah sambungan kabel listrik kipas angin pada stop kontak. Setelah itu, bila kipas angin tersebut juga berfungsi sebagai lampu, lepas semua bohlamnya. Jika bagian kaca penutup lampunya bisa dilepas, cuci terpisah seperti mencuci piring.

Bersihkan bilah pada kipas angin
Singkirkan debu pada bilah-bilah putar dan bagian-bagian lain kipas angin dengan lap kering dan gunakan kuas untuk membersihkan bagian-bagian tersembunyi.

Baca Juga: Ingin Mengubah Area Loteng Menjadi Kamar Tidur? Perhatikan 4 Hal Ini

Kemudian, bersihkan dengan lap basah untuk mengangkat debu yang tersisa. Ulangi menyeka bagian-bagian kipas angin hingga bersih. Lalu, keringkan dengan lap kering.

Jika letak kipas terlalu tinggi untuk dijangkau, gunakanlah sapu atau kemoceng
bertangkai panjang untuk meyingkirkan debu pada bilah-bilahnya. Perhatikan, jangan menggerakan sapu terlalu keras, karena berisiko mematahkan baling-baling kipas angin.

Selamat mencoba ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda