Cara Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel

Noda kerak air dan bekas makanan yang sering menempel pada peralatan dapur berbahan stainless steel menjadi masalah tersendiri, Diperlukan trik dalam membersihkan material tersebut, agar perabotan kinclong kembali.

Cara Membersihkan Peralatan Dapur Berbahan Stainless Steel
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Hampir semua perabotan di dapur kini menggunakan material dari stainless steel. Dikenal memiliki kelebihan antikarat, tahan terhadap panas dan noda, membuat bahan itu menjadi pilihan favorit bagi banyak orang untuk dipakai dalam kegiatan memasak maupun mencuci.

Walaupun demikian, bukan berarti material stainless steel pada berbagai peralatan dapur dan makan tersebut sepenuhnya bebas dari masalah. Seiring dengan dengan penggunaan, ada kalanya material itu menjadi kusam dan terdapat noda yang menempel.

Noda kerak air merupakan masalah yang cukup sering terjadi pada material ini, terutama pada peralatan memasak, seperti panci. Kondisi lembab dan basah inilah yang bila didiamkan dapat menimbulkan warna kusam.

Baca Juga: Cara Membangun Dapur Impian dengan Dana yang Terbatas

Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda kotoran yang sudah terlanjur menempel
di peralatan dapur bermaterialkan stainless steel yang Anda miliki? Simak tips berikut ini.

Dibersihkan dengan air hangat
Jika hanya noda atau kotoran biasa, stainless steel dapat dibersihkan dengan cara direndam
menggunakan air hangat hingga kotoran terlepas dari permukaan peralatan dapur. Lalu keringkan dengan kain berdaya serap tinggi, seperti microfiber.

Gunakan semprotan pembersih kaca
Untuk noda ringan seperti bercak air dan sidik jari, Anda bisa pula membersihkannya
dengan menggunakan semprotan pembersih kaca. Cukup semprotkan pembersih kaca langsung pada peralatan dapur berbahan stainless. Kemudian, usap dengan kain mikrofiber. Bilas dengan air hangat, lalu seka dengan lap kering.

Pakai sabun detergen apabila noda membandel
Bila noda tetap tak hilang, Anda dapat menuangkan sabun pencuci piring atau soft detergen kedalam air hangat. Rendam stainless steel selama 30 menit lalu bersihkan noda dengan spons. Gosok searah serat stainless steel agar tidak merusak permukaan perabotan. Setelah itu, kembali keringkan dengan kain microfiber.

Baca Juga: Tips Memilih Wastafel untuk Cuci Piring di Dapur Secara Tepat

Hilangkan noda dengan pasta gigi
Anda juga bisa menggunakan pasta gigi untuk noda yang sudah berubah menjadi kerak air. Cukup oleskan pasta gigi lalu gosok permukaan stainless steel yang terdapat kotoran dengan spons.

Bisa pula membersihkan dengan cuka
Selain pasta gigi, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak makanan dan noda air yang membandel. Tuangkan cuka pada air hangat lalu basahi spons dengan kedua larutan tersebut dan gosok permukaan yang memiliki kerak.

Selamat mencoba-nya di rumah ya, Hokie People!

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda