Cara Menyimpan Daging Kurban di Lemari Es Agar Awet dan Sehat

Salah dalam proses menyimpan di lemari es, bisa berakibat rusaknya kualitas daging kurban, sehingga mengakibatkannya tidak sehat jika dikonsumsi oleh pemilik rumah.

Tips Menyimpan Daging di lemari es, kulkas, daging kurban
(Foto: shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ketika Hari Raya Idul Adha, sebagian umat muslim menerima daging kurban. Biasanya, tidak semua daging kambing dan sapi kurban langsung dimasak hari itu juga.

Disaat daging kambing atau sapi tersisa, maka solusinya adalah menyimpannya di lemari es, agar bahan hewani itu bisa awet. Meski sudah disimpan di kulkas, bukan berarti daging kurban sudah aman.

Salah dalam menyimpan bahan makanan itu, bisa berakibat rusaknya kualitas daging, sehingga mengakibatkannya tidak sehat jika dikonsumsi oleh pemilik rumah.

Baca Juga: Agar Tetap Segar, Ini 5 Cara Menyimpan Makanan di Lemari Es

Dilansir dari Healthline, ada dua jenis bakteri yang akan tumbuh subur pada makanan,
yakni bakteri patogen dan bakteri pembusuk.

Bakteri patogen akan tumbuh dengan cepat dalam makanan apabila tanpa pendingin dan umumnya sulit terdeteksi dari tampilan bentuk bahan makanan dan berbau. Bakteri ini akan menyebabkan penyakit bawaan pada makanan.

Oleh karena itu, agar daging kambing dan sapi hasil kurban saat Lebaran Haji tetap sehat dan segar untuk dikonsumsi, Anda perlu memperhatikan tips menyimpan daging di lemari es.
Simak penjelasan berikut ini.

Bungkus daging secara tepat
Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh Hokie People adalah membungkus daging kurban secara tepat dengan menggunakan plastik food grade.

Baca Juga: Tips Sederhana Menghemat Penggunaan Listrik Pada Lemari Es Anda

Sebelum memasukkan daging ke freezer lemari es, Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyarankan untuk menambahkan lapisan, seperti alumunium foil. Dengan menambahkan lapisan ekstra akan membantu menjaga kelembapan daging sapi atau kambing, sehingga tetap segar.

Lakukan proses pembekuan
Lakukanlah proses pembekuan untuk mendapatkan kualitas daging kurban yang masih baik ketika disimpan di lemari es.

Dengan membekukan daging hingga 0 ° F (-18 ° C) akan menonaktifkan mikroba seperti bakteri, ragi, dan jamur serta memperlambat aktivitas enzim. Cara ini akan membuat daging dapat bertahan 3-4 hari.

Jangan menggabungkan daging dan jeroan
Disaat menerima jatah kurban, ada kalanya mendapatkan jeroan. Nah, agar daging kurban lebih awet dan sehat, tempatkan daging dan jeroan di freezer terpisah.

Baca Juga: Inilah Baragam Manfaat Silica Gel di Rumah Anda

Melansir laman Kompas.com, menurut Jamhari, Kepala Laboratorium Ilmu dan Teknologi Daging Fakultas Peternakan UGM, jeroan lebih cepat rusak apabila dibandingkan daging, sehingga disarankan untuk menyimpan di plastik dan freezer yang berbeda.

“Jeroan dan daging harus disimpan dalam freezer yang berbeda untuk menghindari adanya kontaminasi silang,” tuturnya.

Cairkan dengan cara yang tepat
Apabila daging sapi atau kambing kurban yang beku hendak diolah menjadi masakan, penting untuk memperhatikan proses pencairan bahan tersebut.

Anda dapat menggunakan dengan mencairkannya dalam lemari es atau pun dengan kantong plastik anti bocor yang terendam dalam air dingin, sehingga daging kurban yang beku bisa cair dengan baik.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda