Cara Mudah Merawat Lantai Marmer, Ikut Langkah Ini

Material ini merupakan batuan alami yang mampu memperindah tampilan ruang. Untuk menjaga dan merawat keindahannya, berikut cara mudahnya.

Lantai ini mampu meningkatkan kesan prestisius pada ruang tertentu.

RumahHokie.com (Jakarta) – Material ini identik dengan harga yang selangit, memiliki kualitas terbaik dan mampu mengubah tampilan ruang jadi luar biasa. Selain berkesan mewah, penutup lantai ini juga tahan lama jika perawatannya dilakukan secara benar.

Lantai marmer tergolong lantai yang kerap ditemui di tempat-tempat yang dianggap bergengsi. Keberadaan lantai ini juga mampu meningkatkan kesan prestisius pada ruang tertentu.

Baca juga : Pilih Furnitur Agar Ruang Favorit Anda Terlihat Menawan

Material utamanya merupakan batuan alami. Masalahnya, material ini mudah rusak jika perawatannya menggunakan produk-produk pembersih biasa.

Untuk menjaga keindahannya, ketahui produk apa saja yang cocok sebagai pembersih marmer. Bagaimana cara membersihkannya, berikut ini ulasan singkatnya.

Pembersih untuk menghapus noda
Cara membersihkan lantai marmer, ada dua proses yang mudah. Pertama, untuk menghapus noda pada lantai, Anda bisa tuangkan sedikit sabun cuci piring cair pada selembar kain mikrofiber. Basahi kain dengan sedikit air bersih.

Usap secara lembut di area bernoda searah serat lantai marmer. Jangan mengusapnya dengan gerakan melingkar, karena ini bisa merusak permukaan lantai. Setelah noda hilang, keringkan dan poles lantai menggunakan kain kering.

Perawatan lantai marmer
Petunjuk mudah yang perlu diketahui untuk perawatannya, siapkan produk pembersih khusus atau seember air hangat bercampur sedikit sabun cuci piring cair. Gunakan kain yang lembut dan bersih.

Poles lantai memakai kain mikrofiber kering, untuk mengembalikan kilaunya. Jangan pernah membiarkan marmer mengering secara alami karena ini bisa menyebabkan bercak air.

Bahan kimia ramah lingkungan
Cara lain untuk membersihkan permukaan lantai biar tetap mengkilap, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan bahan kimia, diantaranya adalah Amoniak.

Cairan kimia ini bersifat basa dan cukup aman diterapkan pada lantai marmer jika digunakan seperlunya. Cairan ini mampu mengangkat debu dan noda pada permukaan lantai marmer dengan lebih aman.

Campurkan satu sendok amoniak dengan satu cangkir air, lalu usapkan pada bagian lantai. Noda akan lebih mudah terangkat tanpa merusak permukaan lantai. Hindari penggunaan bahan atau cairan pembersih yang mengandung asam, karena akan menimbulkan goresan pada permukaan lantai marmer.

Hidrogen Peroksida
Cairan ini merupakan jenis alkali yang ampuh mengelupas noda, terutama noda yang bersifat asam. Caranya mudah, basahi kain dengan sedikit Hidrogen Peroksida, kemudian gosokkan pada lantai yang terkena noda hingga bersih.

Deterjen cair
Cairan ini bisa juga difungsikan untuk membersihkan debu pada permukaan marmer. Campurkan seperempat sendok teh cairan deterjen ke dalam satu cangkir air, celupkan kain bersih dan usapkan pada permukaan yang terkena noda.

Gunakan deterjen cair sesedikit mungkin, agar tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Pastikan juga bahwa deterjen cair yang Anda gunakan tidak mengandung bleaching atau pemutih.

Baking Soda
Campurkan baking soda dengan air, dan buat campuran yang agak kental dengan tekstur yang menyerupai pasta.

Baking soda termasuk jenis alkali, dan campuran ini cukup ampuh dalam mengkilapkan dan membersihkan noda pada lantai, namun tidak terlalu abrasif sehingga tidak menimbulkan goresan.

Hal terpenting, lakukan perawatan ini dengan rutin jika Anda ingin mempertahankan permukaan lantainya tetap mengkilap. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda