Cegah Virus Corona di Rumah dengan Lima Langkah Ini

Tak hanya di tempat publik, seperti di stasiun kereta atau pusat perbelanjaan, warga pun juga harus tetap mewaspadai bahaya virus Corona bila berada di dalam rumah.

tips mencegah virus corona, cegah virus corona masuk rumah, covid-19, indonesia positif terjangkit corona
Ilustrasi virus corona. (Gambar: Bizlaw)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sehari lalu Presiden RI, Joko Widodo secara resmi mengumumkan bahwa terdapat dua warga di Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus Corona.

Kedua WNI yang terjangkit Covid-19 itu merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya berumur 31 tahun.

Sontak saja kasus menyebarnya virus Corona di Indonesia tersebut banyak membuat masyarakat merasa cemas dan waspada.  

Baca Juga: Apa Dampak Virus Corona Terhadap Pasar Properti Indonesia?

Efeknya, masker wajah dan pembersih tangan (hand sanitizer) menjadi buruan banyak orang, karena dianggap dapat mencegah penularan virus Corona saat sedang berada di tempat publik.

Tak hanya di tempat publik, seperti di stasiun kereta atau pusat perbelanjaan, Hokie People pun juga harus tetap waspada bahaya Corona bila berada di dalam rumah.

Sebuah badan pengontrol dan pencegahan penyakit di Amerika Serikat, The Centers for Disease Control and Prevention, yang dikutip dari NovaGrid.id, Selasa (03/02/2020), mengatakan salah satu hal penting dalam pencegahan Coronaviruses adalah persiapan dalam menghadapinya.

Baca Juga: Perhatikan Pendingin Ruangan Anda Guna Antisipasi Virus Corona

Lantas, langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh Hokie People di rumah untuk cegah tertular dari virus Corona?

1. Jaga kebersihan
Rajinlah membersihkan area dapur dan kamar mandi secara rutin. Selain itu pula, bersihkan ruangan-ruangan lainnya di hunian, terlebih apabila Anda memiliki hewan peliharaan.

Jangan lupa juga untuk selalu rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, sebelum memasuki rumah dan setelah beraktivitas.

2. Gunakan diffuser
Diffuser merupakan sebuah alat yang mengubah minyak esensial alami menjadi butiran kecil untuk disebarkan ke seluruh ruangan.

Baca Juga: Pariwisata Terdampak Virus Corona, OYO Gelontorkan Rp2,7 Miliar untuk Mitranya

Tak hanya berguna untuk menyegarkan aroma ruangan saja, namun kehadiran diffuser juga dapat membantu menjaga kesehatan penghuni rumah.

Diffuser pun bisa membantu melawan bakteri dan virus yang berada di ruangan. Dengan mencampurkan minyak esensial yang sesuai, maka ramuan alami itu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Perhatikan konsumsi makanan
Hindari mengonsumsi makanan yang dimasak kurang matang, seperti daging, telur setengah matang, daun-daun segar yang tak dicuci dengan baik.

4. Gunakan masker
Tindakan selanjutnya yang bisa mencegah penularan Corona adalah dengan menggunakan masker ketika flu, batuk, dan pilek ataupun saat sedang berada di tempat umum. Lalu, tutupilah hidung dan mulut dengan menggunakan tisu ketika bersin.

5. Tingkatkan daya tahan tubuh
Selain merutinkan olahraga, menurut sejumlah pakar kesehatan mengkonsumsi tanaman herbal atau mpon-mpon, seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, serta sereh dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal virus Corona.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda