Chef Rinrin Marinka: Suka Desain Dapur yang Natural

Chef cantik ini suka desain dapur natural dengan penggunaan material kayu dan dominasi pemakaian warna-warna netral, seperti putih.

Chef Rinrin Marinka-RumahHokie.com-Istimewa. (Foto: Instagram @chefmarinka)

RumahHokie.com (Jakarta) – Jika anda suka menonton acara memasak di televisi, pastilah kenal dengan salah satu koki selebriti Indonesia berparas cantik ini. Bernama asli Maria Irene Susanto atau yang lebih akrab dikenal Chef Rinrin Marinka, menceritakan rancangan dapur favoritnya.

Wanita lulusan Le Cordon Bleu, Sydney, Australia dengan keahlian khusus French Cuisine & Pattisserie ini menyukai dapur bergaya natural.

“Saya suka desain dapur natural dengan penggunaan material kayu dan dominasi pemakaian warna-warna netral, seperti putih. Saya juga suka adanya ornamen dekoratif bunga di beberapa sisi sebagai aksennya,” ujar Chef Rinrin Marinka.

Juri salah satu acara memasak di sebuah stasiun televisi ini menambahkan bahwa salah satu yang juga harus ada di dapurnya adalah  jendela yang bisa melihat ke arah taman belakang. “Senang rasanya, jika sedang memasak bisa melihat tanaman yang segar,” ujarnya.

Baca Juga: Ingin Tampilan Dapur Anda Lebih Memikat, Ini Dia Tipsnya

Chef Rinrin Marinka-RumahHokie.com - (Foto: Adhitya)
Chef Rinrin Marinka-RumahHokie.com – (Foto: Adhitya)

Untuk perangkat memasak, Chef Rinrin Marinka mewajibakan terdapatnya oven dan kompor tanam. “Peralatan yang wajib pula ada di dapur saya adalah pisau set yang menempel di dinding, kulkas serta ada food procesor,” kata wanita kelahiran Jakarta, 22 Maret 1980 silam ini menambahkan.

Ia mengakui tak ada dana khusus yang disiapkan untuk menambahkan desain pada dapurnya. Karena desainnya sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan kegiatan memasak.

“Saya tak perlu mengubah desainnya lagi. Hanya saja untuk beberapa kabinet, saya biasanya suka beli yang terpisah, contohnya kabinet untuk meletakan bahan-bahan makanan. Dan saya meletakan bahan-bahan makan di kabinet yang mudah dilihat,” jelas Marinka.

Tips Menghadirkan Dapur Nyaman

Telah lama menekuni dunia masak-memasak, menjadikan Chef Rinrin Marinka tahu benar bagaimana cara menghadirkan kenyamanan ketika memasak di dapur.

Ia menyarankan, jika memiliki dapur dengan luasan tidak besar, si pemilik rumah harus pintar menempatkan lemari kabinet dan perbanyak laci-laci kompartemen untuk menyimpan peralatan dapur.

“Tempatkan peralatan dapur yang sering dipakai, seperti sendok dan garpu, gelas, panci dan sebagainya pada laci bawah. Untuk peralatan dapur yang jarang dipakai, pemilik rumah bisa menempatkan pada laci di posisi  atas,” tutur Marinka.

Agar bau masakan tidak memenuhi ruangan dan aliran udara di dapur berjalan lancar, Marinka menyarankan penggunaan hood cooker atau exhaust fan. Pemilik rumah juga bisa membuat jendela dapur yang menghadap ke taman belakang.

Apabila masih ada space di dapur, pemilik rumah juga bisa menempatkan meja island. “Saya suka apabila dapur terdapat meja island. Karena bisa mengajari orang dan melakukan kegiatan memasak bersama-sama. Di bawah meja island sebenarnya juga bisa dimanfaatkan
untuk meletakan perabot dapur lainnya, sehingga dapur bisa terlihat bersih,” pungkas Chef Rinrin Marinka.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda