Ciptakan Kamar Mandi Nan Sehat, Cermati Uraian Berikut Ini

Untuk menghasilkan kamar mandi yang sehat, ventilasi adalah syarat mutlak yang wajib diterapkan. Meski sempit, ruang ini akan terbentuk sehat dan fungsional.

Kamar mandi yang baik harus dilengkapi sirkulasi udara. Tujuan dihadirkan ventilasi, tentunya untuk mengatasi kelembapan.

RumahHokie.com (Jakarta) – Ruang satu ini merupakan ruang vital yang wajib ada di setiap rumah. Sekecil apapun rumahnya, kamar mandi merupakan kebutuhan utama penghuninya.

Meski kecil dan sempit, fungsi kamar tidak boleh dihilangkan. Pelu diketahui bahwa, area privasi satu ini mempunyai 3 fungsi utama, selain untuk membersihkan diri (mandi) dan sekresi (melepas hajat), kamar mandi kerap dijadikan area relaksasi.

Bagi kaum hawa, kamar mandi merupakan area privasi ternyaman. Untuk itu, perlunya mensiasati guna mendapatkan sisi kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya.

Baca juga: Bebaskan Kamar Mandi dari Kelembapan, Begini Caranya

Cara sederhana bisa dengan menata ruang menurut kebutuhan pemiliknya semaksimal mungkin.Walau kecil, kamar mandi harus tetap fungsional. Sehingga keberadaannya dapat menjadi area favorit bagi sang empunya.

Berdasarkan kegunaannya, kamar mandi dapat dibedakan menjadi dua. Fungsi pertama yaitu kamar mandi basah, biasanya terdapat bak penampung air. Ruang ini digunakan sebagai membersihkan badan (mandi). Karenanya, disebut kamar mandi basah.

Fungsi kedua yaitu kamar mandi kering. Ruang ini terpisah dengan kamar mandi basah, karena fungsinya hanya sebatas mengeringkan badan usai mandi atau biasa hanya digunakan sebagai area bersolek. Untuk membedakannya, kedua ruang ini terpisah oleh partisi atau tirai di area kamar mandi.

Hadirkan Ventilasi Cahaya dan Udara
Kamar mandi yang baik harus dilengkapi sirkulasi udara. Tujuan dihadirkan ventilasi, tentunya untuk mengatasi kelembapan. Harus ada pula sirkulasi cahaya matahari yang bisa langsung masuk ke ruang tersebut.

Masuknya sinar matahari yang cukup akan membuat kamar mandi Anda menjadi lebih cepat kering secara alami. Sehingga, jamur, lumut, kuman, dan bakteri tidak mudah berkembang biak di area itu.

Usahakan sinar yang masuk bisa menerangi ruang secara merata. Sehingga fungsinya bisa jadi pencahayaan alami. Hal yang Anda bisa lakukan dengan mengadopsibalok kaca atau glassblock yang ditanam pada dinding.

Trik lain untuk memasukkan cahaya matahari,Anda bisa menempatkan genteng kaca. Tentu saja bagian plafon di bawah genteng kaca tersebut harus menggunakan kaca es juga untuk meneruskan cahaya.

Ingat, ventilasi langsung adalah syarat mutlak untuk menghasilkan kamar mandi yang sehat. Apabila tidak dimungkinkan, gunakan exhaust fan yang terhubung otomatis dengan sakelar lampu. Pembuangan sirkulasinya bisa diarahkan ke atas ke ruangan di atas plafon.

Terpenting, untuk menghadirkan kamar mandi tak perlu luas, poin-poin di atas wajib Anda penuhi.Sesempit apapun,kamar mandi akan terbentuk sehat dan fungsional.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda