Ciputra Tutup Usia, Ini Sisi Lain Sang Begawan Properti yang Patut Dikenang

Selain sebagai pengusaha properti, Ciputra dikenal pula seorang filantropis dan pecinta karya seni rupa garapan sejumlah seniman Indonesia.

Ciputra meninggal dunia, Ciputra Tutup Usia, Ir Ciputra, Ciputra Group, Tjie Tjin Hoan, Hendra Gunawan
Ir. Ciputra. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kabar duka menyelimuti dunia industri properti Indonesia. Begawan properti Tanah Air, Dr. (HC) Ir Ciputra meninggal dunia, pada Rabu (27/11/2019) di Singapura.

Informasi tutup usianya pengusaha properti yang dikenal pula dengan nama Tjie Tjin Hoan tersebut tersebar melalui pesan singkat yang diterima RumahHokie.com

Berita Duka
Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra. Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapura pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore.

Jadwal pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenazah tiba di Jakarta.

Baca Juga: Lukisan Hendra Gunawan: Antara Karya Seni dan Nilai Hidup Ciputra

Semasa hidupnya, pria kelahiran Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 silam tersebut merupakan salah seorang tokoh properti sukses. Pada tahun 1981, Ciputra dan keluarganya membangun Ciputra Group.

Di tangannya, banyak berdiri proyek-proyek properti di Indonesia, baik bangunan komersial yang megah maupun residensial.

Melansir dari Wikipedia, selain dikenal sebagai pengusaha properti, Pak Ci sapaan akrab Ciputra juga dikenal sebagai seorang filantropis. Ia berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.

Baca Juga: Bidik Gen-Y, Ciputra Property Luncurkan Apartemen The Newton

Di tahun 2011, Ir Ciputra masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Pengusaha asal Parigi, Sulawesi Tengah, itu berada peringkat ke-27 dengan total kekayaan USD950 juta.

Maestro Properti Pecinta Seni Rupa
Bisnis properti dan karya seni rupa merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan dari perjalanan hidup Ciputra. Bagi ayah dari Rina Ciputra itu, kedua hal tersebut memiliki nilai yang sama pentingnya.

Dalam sebuah kesempatan, suami dari Dian Sumelar ini menceritakan begitu menyukai seni rupa, khususnya lukisan dan patung dari seniman Indonesia, seperti Hendra Gunawan.

Kesenangan Ciputra terhadap karya pelukis Hendra Gunawan, ia tunjukkan di berbagai proyek properti yang dikembangkan perusahannya.

Baca Juga: Ciputra Residence Beri Penghargaan HSE Award untuk Kontraktor Terbaik

“Kami memakai lukisan maupun patung yang terinspirasi dari karya Hendra Gunawan. Dan itu menambah mutu dari (tampilan) gedung,” paparnya Ciputra ketika ditemui RumahHokie.com, pada perayaan ‘100 Tahun Hendra Gunawan’, Kamis (19/07/2018) lalu di Ciputra Artpreneur.

Lebih lanjut dia berujar bahwa dirinya merasakan ekspresi yang sama kala melihat
setiap lukisan yang dibuat oleh Hendra, baik komposisi warna maupun nilai-nilai
yang ada di balik karya-karyanya.

“Perjalanan hidup saya di saat muda, memiliki kesamaan dengan Hendra Gunawan. Sama-sama penuh perjuangan. Karena hidup merupakan perjuangan,” tutup Ciputra.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda