Construction Talk 2018: Pentingnya Ruang Terbuka Bagi Kehidupan Kota

Ruang terbuka publik sangat penting dan memiliki dampak besar bagi kualitas hidup penduduk kota serta pengembangan kualitas diri mereka.

SCG Construction Talk 2018
(Foto : SCG Indonesia)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ruang terbuka publik berperan penting dalam pembangunan di kota-kota besar. Jika dirancang dengan baik, keberadaannya akan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat kota. Pendapat ini mengemuka dalam diskusi bertajuk SCG Construction Talk 2018 : Better Living in Megacity.

Daliana Suryawinata, Co-Founder SHAU Architect, saat menjadi pembicara SCG Construction Talk 2018 menjelaskan, ruang terbuka yang dirancang dengan strategis dan indah akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berdampak pada kota yang lebih sehat.

“Semakin besar kota, semakin besar pula permintaan untuk mengintegrasikan ruang terbuka publik dengan kehidupan perkotaan,” tutur Daliana saat talkshow berlangsung, Rabu (05/09/2018), di Thamrin, Jakarta.

Baca Juga : Bermitra dengan SCG, Dow Ubah Sampah Plastik Jadi Aspal Jalan

Menurutnya ruang terbuka publik merupakan hak dari setiap orang, namun seringkali terlupakan.

Padahal berdasarkan World Bank: Public spaces – not a “nice to have” but a basic need for cities, menyatakan bahwa ruang terbuka publik sangat penting dan memiliki dampak besar bagi kualitas hidup penduduk kota dan pengembangan diri mereka.

Selain ruang terbuka publik, hal penting lainnya yang juga harus menjadi perhatian adalah  keberadaan bangunan ramah lingkungan.

Sigit Kusumawijaya, Direktur SIG, perusahaan arsitektur & urban design, berujar bahwa
konsep bangunan hijau terus berkembang seiring berkembangnya tantangan setiap harinya.

“Desain hijau yang baik sebenarnya lebih dari sekedar nilai estetika, namun lebih kepada
fungsinya sebagai sarana untuk mengatasi permasalahan lingkungan,” jelasnya

Baca Juga : SCG Tampilkan Inovasi Terbaru di Architect Expo 2018

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama pula, Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, mengatakan bahwa salah satu kunci sukses membangun kota yang berkelanjutan terletak pada kemampuannya untuk menemukan keseimbangan dalam pembangunan infrastruktur dan pembangunan sosial serta lingkungan alam.

Construction Talk 2018 merupakan forum diskusi yang diselenggarakan oleh Siam Cement Group (SCG). Forum ini bertujuan untuk membagi pengetahuan, ilmu, ide, dan solusi guna menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.

SCG Construction Talk 2018 menggarisbawahi pentingnya pembangunan sosial dan lingkungan sebagai tantangan terbesar di megacity.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda