Containerwerk, Hunian Modern yang Terbuat dari Kontainer Bekas

Meskipun melalui proses yang tak mudah, Containerwerk berhasil 'mereformasi' kotak pengiriman baja menjadi rumah dan ruang kerja yang indah.

Rumah Containerwerk-RumahHokie.com-inhabitat
Fasad dari rumah Containerwerk yang tampil dengan gaya industrial warna-warni. (Foto : inhabitat)

RumahHokie.com (Milan) – Ide untuk memanfaatkan berbagai barang bekas menjadi produk baru yang bisa digunakan kembali, sedang nge-tren di banyak negara. Berbagai barang dapat dihasilkan dari proses Reuse yang ramah lingkungan.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan asal Jerman, Containerwerk, yang mengubah kotak kontainer pengiriman bekas menjadi sebuah hunian dan ruang kantor alternatif yang nyaman di perkotaan.

Meskipun melalui proses yang tak mudah, Containerwerk berhasil ‘mereformasi’ kotak pengiriman baja menjadi rumah dan ruang kerja yang indah.

Baca Juga : Desain Rumah Karya Zaha Hadid Ini Seperti Pesawat Luar Angkasa

Dengan rancangan ruangan Containerwerk yang memiliki tampilan mewah, hunian ini menjadi tempat tinggal alternatif di perkotaan. (Foto: inhabitat)

Disandur dari Inhabitat, pendiri Containerwerk, Ivan Mallinowski menceritakan salah satu tantangan terbesar untuk mengubah kontainer pengiriman bekas menjadi sebuah rumah dan kantor adalah mengisolasi struktur, sehingga mereka dapat digunakan sebagai ruang yang bisa ditinggali.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Mallinowski menciptakan sistem industri untuk menyejajarkan struktur dengan lapisan insulasi busa. ”Isolasi adalah masalah besar dengan membangun rumah dengan kontainer,” katanya.

Walaupun bangunan rumah ini terbuat dari container, akan tetapi bagian interiornya tetap tampil mewah. Hal itu bisa terlihat dari bagian meja pantry yang terbuat dari marmer warna putih yang elegan. (Foto : inhabitat)

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan menggunakan insulasi busa khusus tidak hanya membuat kontainer lebih efisien, akan tetapi juga memungkinkan para arsitek dapat memaksimalkan ruang kontainer yang terbatas.

“Kita dapat membangun dinding yang sangat tipis sehingga ruang di dalam wadah itu sebesar mungkin.” ujar Mallinowski.

Baca Juga : Tampil Tak Biasa, Apartemen Ini Dibangun dari Bekas Crane Pelabuhan

Penampilan kamar tidur utama dari rumah Containerwerk. (Foto: inhabitat)

Walaupun terbuat dari kontainer pengiriman bekas, bukan berarti kondisinya lusuh. Bangunan Containerwerk ini mampu menampilkan sebuah rancangan hunian alternatif yang tetap indah dan nyaman.

Arsitektur Containerwerk dibuat berwarna-warni dengan jendela bundar yang besar memberi rumah terasa menyenangkan dan kontemporer. Desain modern juga berlanjut di seluruh interior-nya.

Ruangan Containerwerk dilengkapi oleh berbagai perabotan furnitur bergaya modern dengan warna-warna yang juga menarik.

Bangunan karya Containerwerk dipamerkan baru-baru pada ajang Milan Design Week tahun ini. Instalasi ini menampilkan rumah kontainer pengiriman dua tingkat yang terbuat dari tiga wadah yang diperbaharui.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda