Conwood Bangun Rumah Tahan Gempa untuk Kopassus di Serang

Bahan bakunya tak menggunakan kayu (0% wood) yang terbuat dari 70% semen dan 30% serat selulosa

conwood-indonesia-zaneterra-serahkan-rumah-ke-grup-1-kopassus-serang-rumahhokie-anto-erawan-dok
Penyerahan Rumah Conwood kepada Grup 1 Kopassus Serang disaksikan Walikota Serang, Tubagus Haerul Jaman (ketiga dari kiri) - (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Serang) – Bekerjasama dengan partner pengembang PT Zaneterra, PT Conwood Indonesia menyerahkan bantuan rumah kepada Kopassus Grup 1 di Serang, Banten.

Penyerahan rumah tipe 45 ini dilakukan Deden Sarjana, General Manager Sales Conwood Indonesia kepada Mayor Infanteri M. Syaifuddin Fanany, Wakil Komandan Batalyon 11 Grup 1 Kopassus, Selasa (6/3/2018).

Baca Juga: Conwood Indonesia Perkenalkan Rumah Tanpa Kayu Tahan Gempa

Rumah ini merupakan Rumah Conwood pertama yang dibangun di Kompleks Grup 1 Kopassus Serang yang dibangun oleh anggota Kopassus (Komando Pasukan Khusus) yang mendapat pelatihan khusus.

Deden Sarjana menjelaskan, Rumah Conwood merupakan inovasi anak bangsa yang ramah lingkungan dan nyaman dihuni.

“Selain itu, bahan bakunya tak menggunakan kayu (0% wood) yang terbuat dari 70% semen dan 30% serat selulosa,” tutur Deden.

Selain itu, Rumah Conwood juga tahan gempa dan anti-rayap yang sangat pas untuk kawasan Serang.

“Kami menguji Rumah Conwood tahan terhadap guncangan gempa hingga 6,5 skala Richter,” katanya.

Baca Juga: Ini Dia Rumah Subsidi di Kawasan Bekasi, Tangerang dan Bogor

Senada dengan Deden, Syaifuddin Fanany memaparkan, teknologi rumah tahan gempa sangat diperlukan, terutama untuk meminimalisir kerugian.

“Kawasan Serang kerap kali mengalami gempa. Jadi, rumah tahan gempa sangat diperlukan di Grup 1 Kopassus Serang,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Serang, Tubagus Haerul Jaman yang turut hadir mengatakan dukungannya terhadap program ini.

“Saya berharap produk dengan teknologi baru ini bisa diterapkan di Kota Serang, baik untuk fasilitas, sarana, dan prasarana warga,” katanya.

Bangun Rumah Subsidi
Deden menjelaskan, Rumah Conwood menjadi salah satu solusi tempat tinggal yang mudah dan terjangkau. Harganya Rp18.500 per meter persegi di luar tanah dan upah pengerjaan.

“Rumah Conwood merupakan bentuk partisipasi dalam Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah,” katanya.

Hingga saat ini Rumah Conwood telah dibangun di berbagai daerah seperti Aceh, Pekanbaru, Cirebon, Bandung, Kolaka, hingga ekspor ke luar negeri yaitu Bangladesh.

Baca Juga: DPP REI: Pelaksanaan Program Sejuta Rumah Masih Terhambat

Di saat yang sama, Stanley Sutisna, Managing Director Zaneterra Star International mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan lahan seluas 62 hektar di Kecamatan Ciruas, Serang untuk membangun sekitar 4.000 unit rumah tapak—sebagian dialokasikan sebagai hunian bagi anggota TNI.

“Kami akan membangun rumah tipe 30/60 dengan harga Rp130 juta yang dapat dibeli dengan skema FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan),” kata Stanley menjawab pertanyaan RumahHokie.com.

Pada tahun pertama ini, imbuh Stanley, pihaknya menargetkan pembangunan 500 – 1.000 unit Rumah Conwood di lokasi tersebut. Lantaran Rumah Conwood dapat dibuat dalam waktu singkat—sekitar tujuh hari—Zaneterra akan menawarkan rumah ready stock kepada konsumen.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda