Crown Group Tampilkan Desain Apartemen W48 Karya Kengo Kuma

Ini akan menjadi kali pertama bagi Kengo Kuma and Associates merancang hunian untuk pengembang Australia.

mastery-by-crown-group-Kengo-Kuma-W48-crown-group-Waterloo-rumahhokie-dok
Desain Kengo Kuma di proyek Mastery by Crown Group (Foto: Dok. Crown Group)

RumahHokie.com (Sydney) – Arsitek Jepang, Kengo Kuma and Associates, didapuk sebagai pemenang dalam kompetisi desain W48, proyek mixed-use besutan Crown Group yang berada di kawasan Waterloo, Sydney.

Ini akan menjadi kali pertama bagi Kengo Kuma and Associates merancang hunian untuk pengembang Australia.

Baca Juga: Griya Tawang Waterfall by Crown Group Pecahkan Rekor Harga Tertinggi

Sebelumnya, Kuma dikenal akan desainnya yang menghargai tradisi lokal tetapi tetap mempertimbangkan kebutuhan di masa depan. Karya Kengo Kuma antara lain Stadion Olimpiade 2020 Tokyo dan Museum V&A di Dundee, Skotlandia, yang diakui secara internasional.

Tahun lalu, Kengo Kuma melakukan pekerjaan pertamanya di Australia dengan menara menara di kawasan Circular Quay Sydney dan The Darling Exchange yang merupakan bagian dari rencana Pemerintah New South Wales senilai Rp34 Triliun.

Baca Juga: Makin Agresif, Crown Group Siapkan Proyek di Indonesia dan Amerika Serikat

“Tujuan desain kami adalah untuk memberikan suasana yang hangat dan alami kepada masyarakat dengan strategi desain yang unik,” kata Kuma menjelaskan desainnya di proyek W48.

Kuma menjelaskan, volume bagian atas menara secara mulus berubah menjadi bagian bawah teras untuk menciptakan keintiman antara bangunan dengan area pejalan kaki di level jalan.

“Seluruh fasade bangunan akan menjadi hutan kota vertikal dengan memiliki vegetasi di setiap tepas atap,” urainya.

Diluncurkan November 2018
Proyek W48 akan menjadi pengembangan ketiga bagi Crown Group di Waterloo, setelah Viking by Crown Group dan Waterfall by Crown Group.

Terdiri dari lima menara, sebanyak tiga menara W48 dirancang secara eksklusif oleh Koichi Takada Architects, sementara sebuah menara lagi dirancang arsitek yang berbasis di Sydney: Silvester Fuller.

Baca Juga: Resep Iwan Sunito Dorong Kenaikan Harga Properti Besutan Crown

Menara hunian setinggi 19 lantai ini akan menampilkan infinity pool di atap menara, pusat kebugaran dan ruang komunitas dengan eksterior hijau penuh tanaman.

Berlokasi di 48 O’Dea Avenue Waterloo, W48 akan terdiri dari 384 unit apartemen mewah (dari lantai 4 hingga 19), restoran, kafe, dan pertokoan.

“Proyek dengan nilai Rp6 triliun ini akan diluncurkan November 2018 mendatang,” ungkap Iwan Sunito, CEO Crown Group.

Baca Juga: Rambah Indonesia, Crown Group Bangun Proyek Perdana di Ancol

Iwan Sunito mengatakan bangga melihat tiga perusahaan arsitektur yang terlibat dalam pengembangan menara hunian Crown Group di Waterloo.

“Kolaborasi antara Kengo Kuma dan Koichi Takada adalah yang pertama kali di dunia, kata Iwan.

Menurutnya, Kengo Kuma dan Koichi Takada memiliki gaya dan etos unik masing-masing, yang sesuai dengan keinginan Crown Group untuk mendorong batas-batas desain.

“Kedua arsitek ini telah terbukti sebagai pemimpin di bidangnya dan terkenal karena kreativitas mereka. Saya merasa kolaborasi keduanya akan mengarah pada sesuatu yang baru dan unik untuk Sydney,” harap Iwan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda