Curah Hujan Tinggi, Perhatikan Talang Air Rumah Anda!

Memastikan talang air di rumah berfungsi dengan baik, dapat menghindari dari kerugian lebih lanjut. Apabila menemui kerusakan pada salah satu bagian dari eksterior bangunan tersebut, segera untuk memperbaikinya.

Talang Air-RumahHokie.com-istimewa
(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) -Salah satu area rumah yang Anda harus periksa
ketika musim penghujan tiba adalah bagian talang air. Meskipun terlihat kecil, kondisi talang air yang dibiarkan rusak akan berdampak pula pada bagian atap rumah dan berpotensi menimbulkan kebocoran.

Oleh karenanya, memastikan talang air di rumah Anda berfungsi dengan baik dapat menghindari dari kerugian lebih lanjut. Apabila menemui kerusakan pada salah satu bagian dari eksterior bangunan tersebut, segera untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Musim Hujan Datang, Selamatkan Empat Bagian Rumah Ini

Nah, Anda berpikir untuk memasang talang metal baru untuk rumah, berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dikutip dari berbagai sumber.

Ukur kebutuhan talang air

Idealnya, talang air dipasang pada sepanjang ujung atap rumah. Untuk menentukan kebutuhannya, ukurlah panjang atap rumah yang akan dipasangi talang air. Anda bisa menggunakan denah rumah yang tersedia atau mengukurnya langsung keliling atap rumah.

Anda dapat melakukan penghitungan dengan cara menjumlahkan hasil pengukuran keliling atap secara keseluruhan. Kemudian, tambahkan nilai koefisien talang. Misalkan, 1 meter talang air untuk ukuran keliling atap 10 meter hingga 15 meter.

Pasang penggantung talang

Penggantung talang dapat Anda hubungkan ke lisplank dengan spacer. Caranya, pasang penggantung talang pada spacer dengan menggunakan skrup. Lalu, gantungkan spacer dan penggantung pada lisplank dengan menggunakan sekrup di bagian atas dan bawah.

Pasang talang

Setelah itu, letakkan talang di penggantung yang sudah terpasang. Jangan lupa untuk melubangi talang untuk dihubungkan dengan pipa. Kemudian, atur kemiringan talang sebesar 1%. Itu artinya, setiap bentang 1 meter terdapat perbedaan ketinggian sebesar 1 cm. Ukur kemiringan talang dengan waterpass.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Yuk Panen Air Hujan di Rumah!

Aplikasikan penghubung antar talang

Penghubung talang menjadi sangat penting untuk mencegah kebocoran talang. Terutama pada sudut-sudut atap. Caranya adalah dengan mengaitkan sambungan pada penyambung talang pada sisi atas pertemuan talang. Setelah terpasang, tutup celah antar talang dengan menggunakan sealant.

Jangan lupa corong dan aksesoris

Apabila semua talang air telah terpasang, tutup ujungnya agar tidak ada air tumpah. Gunakan penutup yang berbentuk setengah lingkaran, jika Anda menggunakan talang bulat. Tersedia pula penutup talang air berbentuk kotak persegi. Pasang pula corong dan pipa vertikal pada bagian talang yang telah dilubangi. Anda dapat memasang corong setiap jarak 6 meter sampai 10 meter.

Selamat mencoba!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda