“Daerah Industri Cikarang Paling Siap Jadi Kawasan Big Data Center”

Menggandeng perusahaan asal China, Jababeka akan menyulap daerah industri di Cikarang tersebut sebagai kawasan berteknologi tinggi laiknya Silicon Valley.

jababeka-residence-menara-batavia-rumahhokie-anto-erawan-dok
Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Berawal dari sebuah kawasan industri, Kota Jababeka terus berbenah menjadi kota mandiri terintegrasi. Dikembangkan sejak 1989, proyek dengan total luas 5.600 hektar ini bertransformasi menjadi kawasan residensial dan komersial lengkap yang menyasar kelas atas dengan nama Jababeka Residence.

Baca Juga: Jababeka Residence: Kawasan Industri Itu Kini Menyasar Kelas Atas

Tak sampai di situ, melalui anak usaha PT Grahabuana Cikarang, PT Jababeka, Tbk pun akan menyulap daerah industri di Cikarang tersebut sebagai kawasan berteknologi tinggi layaknya Silicon Valley.

Menggandeng perusahaan asal China, PT Zoomy Media Indonesia, Jababeka menargetkan seluruh kawasan ini dilengkapi dengan perangkat berteknologi tinggi, termasuk big data center yang bakal digunakan perusahaan-perusahaan multinasional di Kota Jababeka.

“Melalui kerjasama ini, kami ingin menciptakan ekosistem yang baik, yang dapat mengakomodasi berbagai keperluan IT dan e-commerce di Jababeka,” ungkap Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang.

Dia mengakui, meski Jababeka berhasil mengembangkan beberapa kawasan industri, namun belum maksimal dalam mengembangkan teknologi di area yang dibangun.

Dan Zoomy Media Indonesia adalah perusahaan yang kredibel dalam menciptakan kawasan industri berbasis teknologi.

”Kami menggandeng Zoomy Media Indonesia sebagai partner kami untuk mengeksplor semua kemungkinan ini,” urainya.

Baca Juga: Laku Keras, Jababeka Lanjutkan Penjualan Dua Produk Andalannya

Lebih lanjut Sutedja menjelaskan, saat kawasan berteknologi tinggi ini terbangun, akan ada 160 perusahaan dan industri yang beroperasi di kawasan Cikarang semakin berkembang,” kata Sutedja.

Tak hanya perusahaan besar yang telah beroperasi, imbuhnya, perusahaan baru (start up) berbasis teknologi di kawasan tersebut juga digadang bakal berkembang.

Sutedja menuturkan, Cikarang adalah satu-satunya kawasan industri yang paling siap untuk menjadi kawasan big data center. Di samping memiliki infrastruktur yang lengkap, kawasan industri terbesar di Jawa ini pun memiliki power plan sendiri.

gerbang jababeka residence - cikarang - rumahhokie - dok

Dimanjakan Infrastruktur
Sementara itu, General Manager Corporate Marketing PT Grahabuana Cikarang, Handoyo Lim menuturkan, Cikarang akan dimanjakan oleh beragam infrastruktur baru seperti elevated toll road, Light Rapid Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT) dan High Speed Train (HST) Jakarta – Bandung.

Hal ini, katanya, akan membuat prospek bisnis kawasan Cikarang akan sangat atraktif  beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Cikarang Diprediksi Bakal Jadi Kota Mandiri Terlengkap

“Kawasan Cikarang ibarat Serpong sepuluh tahun lalu. Cikal bakal akan booming-nya properti di sini bahkan sudah dirasakan sejak tahun lalu. Terbukti, di saat banyak perusahaan properti yang tidak dapat memenuhi target, sejumlah pengembang di Kawasan Cikarang seperti Jababeka, Lippo Cikarang, dan Delta Mas justru sedang menikmatinya,” papar Handoyo.

Dia mengatakan, dengan saling terkoneksinya Lippo Cikarang, Delta Mas, dan Jababeka dalam satu kawasan, akan menciptakan sebuah kota besar yang dapat menghidupi jutaan orang.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda