Dana FLPP Habis, Bank BTN Beri Tiga Solusi KPR Rumah Murah

Di segmen rumah subsidi, hingga akhir Juni 2019, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk 328.192 unit rumah senilai Rp19,7 triliun.

maryono-presiden-direktur-bank-btn-by-anto-erawan-rumahhokie
Maryono, Presiden Direktur Bank BTN (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta)PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk (Bank BTN) berkomitmen untuk merealisasikan penyaluran kredit perumahan sebagai wujud dukungan terhadap Program Sejuta Rumah. Tercatat, per 30 Juni 2019, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk 424.863 unit rumah atau senilai Rp36,42 triliun.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono menjelaskan, penyaluran tersebut terdiri atas kredit perumahan di segmen subsidi dan non-subsidi. Di segmen subsidi, perseroan telah menyalurkan kredit perumahan untuk 328.192 unit rumah senilai Rp19,7 triliun.

Baca Juga: Tawarkan Beragam Gimmick Menarik, Bank BTN Gelar IPEX 2019

Kemudian, di segmen non-subsidi, kredit perumahan yang disalurkan mencapai 96.671 unit rumah atau setara Rp16,72 triliun.

“Adapun, total realisasi jumlah unit rumah tersebut setara 53,1% dari target yang ditetapkan BTN untuk 2019 yakni sebanyak 800.000 unit rumah,” jelas Maryono kepada awak media.

Untuk mendukung kesuksesan program perumahan rakyat tersebut, imbuh Maryono, Bank BTN telah menggelar berbagai inovasi, termasuk transformasi digital.

Baca Juga: Kredit Tumbuh 18,78%, Bank BTN Kejar Target Laba Rp2,6 Triliun

Dukungan yang diberikan tidak hanya berupa penyaluran KPR tapi juga memperkuat sumber pembiayaan, mendorong keterjangkauan, mendorong sisi ketersediaan rumah, serta bersinergi dengan stakeholder perumahan, bermitra dengan berbagai pihak, hingga membuka sekolah khusus bagi para pengembang.

“Kami akan terus mendukung kesuksesan Program Sejuta Rumah tidak hanya melalui penyaluran kredit perumahan, tapi juga membangun ekosistem pembiayaan perumahan yang berkelanjutan,” jelas Maryono.

Tiga Solusi Bank BTN
Saat disunggung mengenai habisnya dana FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang disediakan Pemerintah Pusat, Maryono mengatakan, pihaknya masih menunggu evaluasi secara nasional.

Bila ada bank yang belum maksimal menyalurkan KPR subsidi FLPP, BTN bersedia merealisasikan KPR tersebut.

Baca Juga: Perumnas – BTN Bersinergi, Tawarkan Subsidi Bunga KPR/KPA 4,5%

Kedua, ada juga progam pemerintah yang disebut Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) yang menyerupai FLPP. Produk ini memberikan uang muka, tapi bunga KPR-nya normal.

“Kami bisa memanfaatkan (program) ini sehingga BTN bisa berpartisipasi. Bunga KPR-nya juga akan kami khusus, sehingga angsuran bulanannya tidak selisih jauh dari KPR FLPP,” tutur Maryono.

Ketiga, Bank BTN akan mempersiapkan program KPR khusus untuk menjembatani permintaan end user yang ingin membeli rumah subsidi tapi tidak mendapatkan FLPP.

“Hal ini kami buat sebagai antisipasi bila di 2019 tidak ada revisi APBN,” pungkasnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda