Dapur Mengapung Pertama di Dunia Akan Hadir di Dubai

Penciptaan dapur mengapung yang diberi nama Aqua Pod Kitchen ini terinspirasi dari konsep truk makanan yang berada di sudut-sudut jalan raya.

Dapur Mengapung-RumahHokie.com-Istimewa
Rancangan dapur mengapung (Foto: Inhabitat)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebuah dapur mengapung pertama di dunia yang dijalankan dengan tenaga listrik akan dibuat di Dubai. Rancangan bangunan inovatif ini direncanakan akan digunakan untuk melayani penumpang kapal layar yang sedang berada di wilayah tersebut.

Dirancang oleh biro arsitek Aquatic Architect Design Studio (AADS), penciptaan dapur mengapung yang diberi nama Aqua Pod Kitchen ini terinspirasi dari konsep truk makanan yang berada di sudut-sudut jalan raya.

Mengutip dari Inhabitat, arsitektur dapur mengapung tersebut dibangun dengan struktur terapung.  Keberadaan dapur anti mainstream ini akan memudahkan bagi turis maupun masyarakat lokal setempat yang sedang berlayar di perairan itu untuk memesan makanan dan minuman.

Baca Juga: Mengintip Mewahnya Vila Bawah Laut Pertama di Dunia

Aqua Pod dapat dengan mudah bergerak, melayang ke tempat permintaan. Rencananya,  dapur mengapung tersebut akan mulai beroperasi di Jumeirah hingga mencapai  ke daerah-daerah seperti Pantai Al Sufouh, Pantai Kite, dan Palm Lagoon satu dan dua,” jelas pendiri AADS, Ahmad Yousuf.

Lebih lanjut Yousuf mengatakan, nantinya terdapat dua sistem pemesanan yang akan dijalankan oleh dapur mengapung tersebut.

Cara pertama, sebuah jet ski pengiriman dari Aqua Pod akan mengirimkan pesanan
setelah mendapatkan order dari kapal pesiar ataupun perahu lainnya.

Cara selanjutnya, para konsumen bisa memesan menu pilihannya melalui jasa udara yang akan tepat berada di atas Aqua Pod untuk kemudian mengantarkan pesanan makanan. Walaupun,sistem itu hanya akan bekerja untuk makanan dan minuman yang lebih kecil.

Baca Juga: Mengenal Ragam Pilihan Material Pelapis Dinding untuk Area Dapur

Untuk mencegah sampah berserakan, dapur mengapung tersebut dilengkapi oleh teknologi built-in yang bekerja untuk mengumpulkan sampah-sampah dari makanan di laut.

“Aqua Pod dapat mengambil semua limbah sampah makanan yang berserakan di laut, dengan cara disedot dan dikumpulkan pada salah satu tangki,” jelasnya.

Lalu, Makanan apa yang akan ditawarkan Aqua Pod? Yousuf mengatakan bahwa dapung mengapung tersebut akan membuat makanan yang relatif mudah cara penyajiannya dan ringan.

“Klien kami bisa mendapatkan burger, karena makanan itu yang mudah untuk disajikan
dan dimakan. Namun mungkin, kami akan memperluas sajiannya dengan memasukan pizza atau pencuci mulut di dalam daftar menu,” pungkas Yousuf.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda