Dekorasi Kamar untuk Kenyamanan Sang Buah Hati

Menciptakan kenyamanan pada kamar bayi butuh sentuhan nan apik. Mencermatinya bisa dengan menempatkan ruang dan memilih furnitur yang pas.

Foto: kreasirumah.net

RumahHokie.com (Jakarta) – Menyambut datangnya sang buah hati adalah momen terindah, layaknya mimpi jadi kenyataan. Karena itu, untuk menciptakan suasananya haruslah sempurna.

Menciptakan kenyamanan pada kamar bayi tentunya butuh sentuhan nan apik. Ya, untuk mendapatkan hasil desain yang menawan, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut ini tipsnya.

Cermati Lokasi Kamar
Langkah pertama adalah menentukan lokasi kamar untuk sang buah hati. Agar mudah dijangkau, ada baiknya menempatkan kamar tersebut dekat dengan kamar si orangtua. Jauhkan penempatan kamar bayi dari ruang yang menimbulkan kebisingan.

Warna dan Tema
Jika penempatannya sudah sesuai, selanjutnya adalah menentukan warna sesuai tema. Umumnya kamar bayi mengadopsi warna-warna yang terkesan sejuk, hindari pemilihan warna yang mencolok dan mampu melelahkan mata sang bayi. Biar lebih menarik, padukan warna dengan tema ruang yang diinginkan.

Baca juga: Manjakan Anak, Hadirkan Tema Animasi di Kamar Tidurnya

Guna menampilkan estetika ruang, bila perlu dinding serta elemen ruang lainnya diberikan sentuhan aksesoris sebagai pemanis.

Cermati Pencahayaan Ruang
Untuk kamar bayi berumur nol sampai 12 bulan, sebaiknya menempatkan pencahayaan yang tidak menyilaukan mata. Hindari penempatan cahaya persis diatas tempat tidur sang bayi.

Agar sang bayi nyaman pada malam hari, pilihlah pencahayaan yang sedikit redup. Tujuannya agar memudahkan sang bayi tidur dengan nyenyak dan tidak terganggu oleh pencahayaan ruang. Berikan pula sentuhan pemanis dari efek cahaya tersebut, seperti lampu dekoratif.

Atur Sirkulasi dan Bukaan Jendela
Bukan hanya dari sisi dekorasinya. Agar kondisi ruang terjaga, perhatikan pula sirkulasi udaranya. Cermati penempatan letak jendela dan pintu. Tujuan penempatan ini agar sang bayi tidak terganggu dalam waktu tertentu. Misalnya pagi hari, bukaan jendela akan berpengaruh pada kenyamanan tidur bayi.

Pemilihan Furnitur
Agar kamar tidur terlihat nyaman bagi bayi juga sang ibu, baiknya pilih furnitur dan penempatan yang sesuai dengan fungsi. Hindari penempatan furnitur yang berlebihan.

Jika poin diatas sudah terpenuhi dengan baik, pastinya kenyamanan dan perkembangan buah hati Anda jadi lebih terjaga.

Selamat mendekorasi.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda