Delapan Tips Membuat Ruang Keluarga Ideal Menurut Feng Shui

ruang-keluarga-rumahhokie-dedy-mulyadi-dok-696x464-3
Ruang keluarga sebaiknya terhubung dengan ruang luar, sehingga ventilasi udara bisa berjalan dengan baik. (Foto: Dok. RumahHokie.com)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Ruang keluarga merupakan tempat yang sangat penting dalam sebuah rumah. Pasalnya, ruang yang biasa diletakkan di tengah rumah ini memiliki fungsi sebagai tempat berinteraksi sesama anggota keluarga dan meningkatkan keintiman.

Kegiatan yang biasa dilakukan di ruang keluarga (living room) terutama menonton TV. Meskipun selera tontonan setiap anggota keluarga tidak sama, tetapi setidaknya ada satu program yang sama-sama disukai. Oleh karena itu televisi dalam ruang keluarga menjadi pengikat yang penting.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda

Bila Anda sedang berencana membangun rumah, perlu memerhatikan beberapa hal aturan feng shui ini dalam mengatur ruang keluarga. Berikut uraiannya:

Segi Empat
Bentuk terbaik untuk ruang keluarga adalah empat persegi panjang. Bentuk-bentuk ruangan yang tidak beraturan, seperti bentuk L, segi lima, dan sebagainya, akan membuat aliran energi Chi (Qi) kurang berfungsi dengan baik.

Sesuaikan
Ukuran ruang keluarga harus serasi, proporsional, dan disesuaikan dengan fungsinya, apakah hanya untuk menonton TV atau untuk aktivitas permainan yang membuat semua anggota keluarga senang mempergunakannya.

Baca Juga: Bagaimana Bentuk Rumah yang Baik Menurut Feng Shui?

Ventilasi
Ruang keluarga sebaiknya terhubung dengan ruang luar, sehingga ventilasi udara bisa berjalan dengan baik. Di sini bisa saja didapatkan jendela dan pintu yang cukup lebar sehingga pencahayaan alami juga bisa didapatkan dengan baik. Ruang Keluarga kurang baik jika terjepit oleh semua ruangan atau tidak memiliki udara luar yang masuk.

Foto
Letakkan foto keluarga agar setiap anggota keluarga merasa memiliki tempat dan peranan di dalam keluarga. Selain itu, foto juga merupakan kebanggaan karena memperlihatkan keintiman, apalagi jika foto diambil pada lokasi dan waktu yang memiliki kenangan atau makna khusus.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merenovasi Rumah Sesuai Feng Shui?

Cermin
Jika terletak setelah pintu masuk rumah, jangan letakkan cermin pada ruang keluarga.

Ruang Makan
Jika memungkinkan, posisi ruang keluarga sebaiknya lebih rendah dari lantai ruang makan. Dalam desain, umumnya lantai ruang keluarga sedikit direndahkan.

Lukisan
Jangan meletakkan foto atau lukisan binatang yang menyeramkan.

Sudut yang Menusuk
Perhatikan apakah ada sudut siku tembok yang ‘menusuk’ ke ruang keluarga. Jika ada, sebaiknya diatasi dengan meletakkan tanaman yang menghalang siku runcing tersebut.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda