Deretan Fakta Rumah Mewah di Atas Thamrin City Mall yang Hebohkan Warganet

Selaiknya cluster perumahan tapak, hunian di atas atap Thamrin City Mall ini juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas umum untuk para penghuninya.

Perumahan di atas Mall Thamrin City
(Foto: Instagram @shahrirbahar)

RumahHokie.com (Jakarta) – Deretan rumah mewah di atas atap pusat perbelanjaan Thamrin City, Kebon Kacang, Jakarta Pusat, beberapa hari ini tengah menjadi perbincangan yang hangat dan viral di dunia maya (sosial media).

Komplek perumahan unik tersebut menjadi bahan obrolan warganet, karena dinilai terletak berada di tempat yang tidak biasa.

Bila pada umumnya, pembangunan perumahan berada di permukaan tanah (landed), akan tetapi komplek hunian bernama Cosmo Park ini didirikan di atap Thamrin City Mall.

Baca Juga: Manfaatkan Area Void, City Square Mall Buka Taman Bermain Gantung Pertama di Dunia

Bahkan, selaiknya komplek rumah tapak, hunian itu juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas untuk para penghuninya.

Inilah deretan fakta mengenai perumahan mewah Cosmo Park yang berdiri di atas atap Thamrin City Mall Jakarta sejak 2007 silam.

Terdiri dari 78 rumah dan sejumlah fasilitas
Cosmo Park merupakan proyek yang dibangun oleh Agung Podomoro Land. Properti ini terdiri dari lima blok dengan total hunian dua lantai yang mencapai 78 unit.

Terdapat sejumlah fasilitas umum selaiknya di sebuah cluster seperti, kolam renang, jogging track, taman, pusat kebugaran, dan lapangan tenis.

Harga unit rumah mencapai Rp4,5 miliar
Perumahan ini berada di daerah yang tergolong premium, yakni Jl. K.H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Dikutip dari CNN Indonesia bandrol rumah unik ini telah mencapai Rp4,5 miliar hingga Rp7,5 miliar.

Baca Juga: Bangunan Rest Area KM 260B, Pabrik Gula Zaman Belanda yang ‘Terlahir’ Kembali

Sedangkan untuk harga sewanya, berada di kisaran Rp1,5 juta per malam hingga sekitar Rp440,55 juta per tahun.

Dilengkapi akses masuk khusus
Perumahan mewah ini viral karena berada di atas mal. Melansir dari Liputan6, tidak sembarang orang bisa masuk ke Cosmo Park.

Hanya penghuni dan tamu yang diizinkan saja yang bisa mengakses perumahan itu. Untuk memasuki kompleks tersebut, penghuni harus melalui lobi utama tower Cosmo Mansion, kemudian naik ke lantai 10.

IMB gabung dengan mal
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta, Benny Agus Chandra, menjelaskan izin yang digunakan perumahan di atas Thamrin City ini seperti halnya izin apartemen yang bergabung dengan pusat perbelanjaan.

“Izin mendirikan bangunan (IMB) tahun 2007, Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pertama 2010.
Kalau saya lihat dari dokumen, gabung IMB-nya satu kesatuan dengan pusat perbelanjaan),” kata Benny saat seperti dikutip dari Liputan6.

Baca Juga: Unggulkan UKM, Agung Podomoro Targetkan 30.000 Tenant Trade Mall

Sementara itu, pada kesempatan yang berbeda, Anton Sitorus, Director of Research and Consultancy Savills Indonesia, berkomentar bahwa perumahan di atas gedung pusat perbelanjaan nyatanya bukan hal yang baru untuk pembangunan di Jakarta.

Meski demikian menurutnya, pendirian rumah di atas sebuah atap mal terbilang agak aneh dari sisi perizinan dan konsumen perlu menaruh perhatian lebih.

“Itu kan adanya di atas mal, peruntukannya sebenarnya komersial. Lalu, ada rumah tentu jadi campur-campur. Pembeli harus cari tahu izin-izinnya, seperti hak kepemilikan serta sertifikat. Agar mereka tidak mengharap (izinnya) seperti beli rumah tapak,” tandas Anton, kepada RumahHokie.com, Rabu (26/06/2019) lalu di Senayan, Jakarta.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda