Developer Properti Sambut Baik Penurunan Suku Bunga BI

Momentum penurunan suku bunga acuan BI, membuat posisi sektor properti menjadi diuntungkan dan menarik sebagai instrumen investasi.

Penurunan suku bunga acuan BI, Apartemen Skandinavia, Norman Eka Saputra, Tangcity Superblok, apartemen di Kota Tangerang, Fika Rooms, Sewa Apartemen, apart-hotel
Salah satu unit hunian di Apartemen Skandinavia. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Tangerang) – Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan menjadi 4,75% dari 5%, pada Februari lalu.

Bunga acuan BI ini digunakan sebagai patokan dalam menentukan suku bunga Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) maupun Kredit Kepemilikan Apartemen (KPA) floating rate.

Floating rate merupakan perhitungan bunga KPR / KPA yang nilainya dapat turun ataupun naik, apabila bunga acuan BI mengalami perubahan.

Baca Juga: Usung Konsep Keseimbangan, Apartemen Skandinavia Rilis Unit Lagom

Menanggapi hal itu, pengembang Apartemen Skandinavia di Tangcity, Kota Tangerang, berpendapat penurunan suku bunga acuan menjadi momentum yang menguntungkan bagi pasar properti secara umum.

Developer akan semakin memiliki peluang untuk menjaring masyarakat yang belum berinvestasi di sektor properti.

“Kami melihat dengan adanya momentum penurunan suku bunga BI, membuat posisi sektor properti menjadi diuntungkan, ditengah industri keuangan (reksadana) yang tengah rendah,” tutur Norman Eka Saputra, Direktur Skandinavia Apartmen, pada Sabtu (29/02/2020) lalu di Tangerang.

Menurut Eka, setelah bertahun-tahun tertekan, sektor properti kini perlahan kembali jadi pilihan investasi menarik untuk masyarakat.

Baca Juga: Relaksasi LTV Dinilai Akan Bangkitkan Sektor Properti Perumahan

Akan tetapi dia mengatakan, saat ini masyarakat juga semakin bijaksana dan selektif dalam memilih properti.

“Pasar (investasi) itu kan selalu mencari nilai tumbuh. Ditengah harga emas yang sudah melambung tinggi, masyarakat mungkin berkesimpulan properti menjadi pilihan menarik,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, turunnya suku bunga BI menjadi 4,75% juga secara khusus membawa angin segar terhadap proyek apartemen garapannya.

Dia mengatakan, sepanjang Februari sebanyak 40 unit Apartemen Skandinavia telah terjual. Banyak masyarakat lebih memilih proyek yang sudah jadi dan siap diserah-terimakan, karena dianggap lebih aman.

Baca Juga: Kota Tangerang Dianggap Semakin Berpotensi untuk Investasi Properti

“Proyek kami  sudah jadi. Fasilitasnya pun sudah ada, mungkin banyak konsumen yang melihat itu dan semakin percaya, sehingga terdapat lonjakan permintaan,” kata Norman.

Selain fasilitas utama, seperti infinity swimming pool, fitness center, multiple gardens dan multipurpose rooms, Eka Norman juga mengatakan sejumlah tenant yang mengeliling area hunian Skandinavia.

“Berbagai fasilitas terus kami upayakan, tentu dengan tujuan untuk melengkapi dan mempermudah kebutuhan para penghuni Apartemen Skandinavia maupun pengunjung Tangcity,” tandas Eka.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda