Didesain Selaiknya LEGO, Sistem Hidroponik Ini Bisa Diatur dari Jarak Jauh

Dengan menggunakan sistem Planty Cube, para pemiliknya dapat melakukan pemeliharaan tanaman kapan saja dan dari mana saja.

The Planty Cube, n.think, tanaman hidroponik
Sistem Planty Cube menghubungkan seperti brick LEGO dengan desain modular yang terdiri dari beberapa kapsul berisi benih dari setiap tanaman. (Foto: n.thing)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kecanggihan Internet of Things (IoT) tidak saja membawa
perubahan pada teknologi yang dimiliki oleh produk home appliances saja, akan tetapi juga berdampak pada cara bercocok tanam di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini.

Baru-baru ini perusahaan rintisan (start-up) bernama n.thing berhasil mengembangkan sebuah sistem pertanian hidroponik otomatis nan pintar.

Dengan menggunakan sistem Planty Cube (kubus tanaman), para pemiliknya memungkinkan untuk memelihara tanaman kapan saja dan dari mana saja.

Baca Juga: Inovatif, Kertas Koran Ini Bisa Berubah Jadi Tanaman Rumah yang Asri

Mengutip laman Designboom, Kamis (23/01/2020), sistem pertanian inovatif tersebut menghubungkan alat seperti LEGO bricks dengan desain modular yang terdiri dari beberapa kapsul (pickcells) berisi benih dari setiap tanaman.

Setelah biji benih ditanam melalui kapsul, sistem teknologi IoT akan mengontrol lingkungan, memantau kesehatan tanaman serta menyesuaikan pencahayaan LED, suhu dan kelembaban melalui smartphone.

Sistem kubus tanaman pintar tersebut akan menggunakan sensor untuk mengumpulkan data kondisi tumbuhan dan dapat menghadirkan kendali dari jarak jauh.

Baca Juga: Hidroponik, Solusi Menanam di Lahan Hunian yang Sempit

Planty Cube yang dikembangkan n.thing berbentuk seperti wadah pengiriman dan bisa diletakkan pada rak tanaman.

Sistem menanam ini terdiri dari rak-rak yang berbaris dan masing-masing memiliki pickcells dengan ukuran sekitar 5 sentimeter, baik lebar, panjang, dan kedalamannya.

Dengan desain dan fitur seperti itu, sistem tanaman pintar ini dapat diaplikasikan pada unit hunian apartemen maupun di area kafe, dan dapat berkembang tanpa lahan yang besar.

Baca Juga: Bohlam Lampu Ini Bisa Jadi Pot Tanaman yang Keren dan Inovatif

Planty cube akan memberi kemudahan bagi pemilik properti yang ingin memulai bisnis pertanian vertikal-nya,” jelas salah satu teknisi n.thing

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan bermodal sistem pertanian inovatif ini juga akan meningkatkan hasil ukuran pertanian mereka dengan biaya rendah, selama periode waktu yang lebih lama.

Sebagai informasi, kini sejumlah perusahaan sedang mengembangkan konsep pertanian vertikal pintar di dalam ajang CES 2020.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda