Diikuti 500 Perusahaan, Indobuildtech 2018 Targetkan 60.000 Pengunjung

Indobuildtech Expo 2018 akan diikuti oleh 500-an perusahaan dari 18 negara, terutama negara-negara Asia.

pembukaan-indobuildtech-expo-2018-rumahhokie-anto-erawan-dok
Resmi dibuka, Indobuildtech Expo 2018 mengangkat tema "Sustainable Urban Development". (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Serpong) –  Guna mendorong percepatan pembangunan perkotaan berkelanjutan, untuk ke-16 kalinya, PT Debindo-ITE menggelar Indobuildtech Expo 2018.

Berlangsung 2 – 6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, pameran material dan teknologi bangunan terbesar ini mengangkat tema “Sustainable Urban Development”.

Didukung oleh 30 asosiasi industri dan profesi serta layanan bisnis perbankan modern Bank CIMB Niaga, Indobuildtech merupakan sebuah platform bisnis dan marketplace bagi para pebisnis dan pelanggan aneka ragam produk bahan bangunan dan interior yang pada gilirannya akan menumbuhkan dampak positif bagi pertumbuhan sektor konstruksi nasional.

Baca Juga: Indobuildtech Expo 2018 Usung Tema “Sustainable Urban Development”

Effi Setiabudi selaku Direktur Utama Debindo-ITE, selaku penyelenggara mengatakan, Indobuildtech Expo 2018 hadir di saat yang tepat, bersamaan  dengan momentum percepatan pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur dan properti di Tanah Air.

“Indobuildtech mempertemukan para pelaku pasar seperti kontraktor, profesional, konsultan, perencana dan pelaksana proyek dapat secara langsung berinteraksi dengan pabrikan penyedia aneka ragam produk material dan teknologi bangunan untuk membangun kemitraan dan kerjasama, sehingga berkontribusi pada pembangunan kota berkelanjutan,” jelas Effi.

Sebanyak lebih dari 500 perusahaan dari dalam dan luar negeri hadir menawarkan aneka produk dan merek terkemuka serta menampilkan tren teknologi yang semakin ramah lingkungan.

“Tahun ini, kami menargetkan 60.000 pengunjung, setelah pada penyelenggaraan Indobuildtech Expo tahun lalu, jumlah pengunjungnya mencapai 51.000,” imbuh Effi.

Infrastruktur Dukung Daya Saing
Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Arlinda, yang hadir pada kesempatan tersebut menuturkan, industri bahan bangunan berperan penting di tengah program pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pemerintah saat ini.

Ketersediaan infrastruktur akan membuka kawasan terisolasi dan akan mendorong pemerataan kesejahteraan, melalui kemunculan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan tersebut.

Baca Juga: Artikel lain terkait Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur, menurut Arlinda, memberikan efek berganda yang akan mendorong sektor-sektor lainnya untuk berkembang, termasuk industri bahan bangunan. Kenaikan permintaan akan produk bahan bangunan seperti semen, beton, besi, mesin atau alat berat, dan material lainnya, dapat membuat industri bergerak lebih cepat.

“Momentum ini dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk mengisi kebutuhan pasar properti dan infrastruktur dalam negeri. Pemanfaatan teknologi pun menjadi keharusan agar kualitas produk bahan bangunan lokal dapat meningkat. Peningkatan kualitas tentunya akan mendorong lebih banyak lagi pemanfaatan bahan bangunan lokal pada proyek infrastruktur nasional,” papar Arlinda.

Selain itu, lanjutnya, produk yang ramah lingkungan dan multifungsi, serta bernilai guna tinggi juga banyak dibutuhkan oleh konsumen. Pada akhirnya, perbaikan infrastruktur di Indonesia dapat meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia di pasar global.

Business Program dan Sustainable Product Award
Selain itu, selama 5 hari pameran juga digelar Business Program yang terdiri dari aneka forum, presentasi dan diskusi yang dapat diikuti oleh para pengunjung Indobuildtech Expo 2018.

“Dengan forum-forum tersebut, Indobuildtech memberikan lebih banyak manfaat dan nilai tambah bagi para peserta dan pengunjung.  Selain dapat memanfaatkan peluang interaksi, transaksi dan negosiasi bisnis di, para pengunjung berkesempatan menambah pengetahuan dan wawasan dari para narasumber terkemuka, dari kalangan pengambil kebijakan publik, pimpinan bisnis dan para pakar seputar perkembangan dan pengembangan kota,” papar Effi.

Baca Juga: Situs Online Pengaruhi Pameran Properti, Namun…

Selaras dengan tema yang diusung, Indobuildtech Expo 2018 semakin kuat dan konkret dengan adanya penganugerahan “Sustainable Product Award”.

Penganugerahan ini diberikan melalui sebuah kompetisi dengan proses seleksi, evaluasi dan penjurian oleh tim ahli yang berasal dari Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indoneia (IABHI) dan Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Nominasi yang dipilih adalah peserta Indobuildtech Expo 2018 yang memenuhi kriteria dalam berbagai aspek pendukung sustainable products berdasarkan dari tiga kategori, yaitu Building Material & Equipment, Architectural Fundamentals dan Design & Décor Essentials.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda