Dinding Penyimpan Buku, Cara Mudah dan Fungsional Redam Suara

Cara termudah memaksimalkan redaman suara dari luar ruang, bisa dengan menempatkan dinding penyimpan buku. Ruang pun Jadi tampil estetis.

Menutupi dinding dengan rak buku merupakan penghalang suara paling efektif. Selain tampilannya jadi estetis, hadirnya dinding itu juga memperkaya interior kamar. Foto: desaininterior.me

RumahHokie.com (Jakarta) – Buat Anda yang super sibuk dan menginginkan sebuah kamar tidur nan nyaman dan terjaga dari kebisingan, ada cara sederhana untuk menghasilkan ruang tersebut.

Membentuk ruang seperti ini, sama halnya seperti menciptakan ruang studio musik. Karena kedap suara, ruang tersebut dapat dijadikan area relaksasi atau tempat istirahat yang menyenangkan.

Menghasilkan kamar kedap suara tak membutuhkan biaya yang mahal. Proses yang dilakukan bisa dengan mencermati beberapa elemen ruang.

Baca juga: Adopsi Aksesori Tak Terpakai, Cara Hemat Dekorasi Ruang

Berikut ini catatan yang dapat digunakan sebagai acuan rancangan formasi penempatan elemen akustik pada kamar tidur dengan fungsi tertentu.

Elemen penyerap suara bisa ditempatkan pada dinding belakang serta langit-langit belakang. Begitu pula pada lantainya, peredam suara dapat diterapkan pada pelapis keramik, parket atau karpet.

Pelapis lain yang bisa dipasang pada dinding adalah tirai suara (sound curtain) atau selimut tebal. Material ini biasa difungsikan sebagai peredam tambahan.

Tips mudah lainnya untuk memaksimalkan redaman suara dari luar ruang, bisa dengan menggunakan lem semprot yang direkatkan panel ke dinding dan langit-langit. Cara ini bisa diterapkan jika panelnya tidak dilengkapi dengan perekat.

Anda dapat menutupi semua atau sebagian permukaan, tergantung pada tingkat kekedapan yang Anda inginkan. Trik ini akan meredam kebisingan di dalam ruangan dan membuat Anda nyaman, terutama jika disamping ruangan itu digunakan untuk studio musik.

Gunakan panel berbahan fiberglass dengan lapisan luar terbuat dari mylar tipis dan berlubang. Jenis panel ini paling unggul dalam hal penyerapan suara.

Cara Mudah, Tempatkan Rak Buku
Cara lain paling mudah dan fungsional adalah dengan menempatkan rak buku atau dinding penyimpan buku (perpusatakaan). Dengan menerapkan cara ini, Anda bisa membentuk dinding menjadi lebih tebal dan lebih kedap suara.

Menutupi dinding dengan rak buku merupakan penghalang suara paling efektif. Selain tampilannya jadi estetis, hadirnya dinding itu juga memperkaya interior kamar. Perpustakaan nan cantik jadi bonus tambahannya.

Jika ingin lebih menarik lagi, Anda dapat menambahkan keindahannya dengan lantai parket atau permadani lembut sebagai pelengkapnya.

Menerapkan cara ini sepadan dengan uang yang Anda keluarkan, kenyamanan ruang yang dihasilkan pun sesuai dengan keinginan.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda