Dinding Rumah Kotor Pasca Banjir, Ini Dia Cara Membersihkannya

bersihkan dinding rumah pasca banjir, bersihkan rumah pasca banjir, banjir awal tahu 2020, banjir Jabodetabek
Ilustrasi bersihkan noda di dinding pasca banjir. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Awal tahun 2020 sebagian wilayah Jabodetabek terendam banjir. Banyak pemukiman warga tergenang air banjir dengan ketinggian yang bervariasi.

Tidak saja menyisahkan cerita, banjir di Jabodetabek yang terjadi karena intensitas curah hujan tinggi, juga meninggalkan kotoran lumpur di dalam rumah.

Seusai banjir surut, biasanya akan terdapat kotoran lumpur yang menempel di lantai, perabot furnitur yang terendam, hingga dinding rumah.

Apabila tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan berbagai kuman penyakit, bau tidak sedap serta noda coklat di dinding akibat banjir.

Baca Juga:5 Inspirasi Dekorasi Dinding, Ubah Ruangan Hunian Tampak Menarik

Kotoran dan noda yang menempel di permukaan tembok, tentu akan merusak keindahan tampilan hunian kesayangan Anda. Berikut ini cara membersihkan dinding rumah yang kotor akibat noda bekas banjir, yang kami lansir dari Cleanipedia.

Kenali cat dinding yang digunakan
Seiring dengan perkembangan dalam industri material bangunan, kini tersedia jenis finishing cat dinding, seperti flat, eggshell, glossy, semigloss, dan lain sebagainya.

Tentunya setiap jenis tersebut membutuhkan cara membersihkan yang berbeda-beda, agar tidak merusak tekstur cat dinding.

Baca Juga: Begini Kriteria Cat Dinding yang Aman Menurut Ahli Kesehatan

Oleh karena itu, penting untuk mengenali jenis cat yang digunakan pada dinding ruangan, sebelum memilih cairan pembersih dan cara yang akan digunakan untuk membersihkan tembok kotor pasca banjir.

Langkah membersihkannya:

Untuk membersihkan noda banjir di pelapis dinding jenis flat, eggshell, dan satin, gunakanlah spons dan kain lembab.

Sedangkan untuk cat dinding berbasis minyak, siapkanlah satu ember larutan yang berisi campuran air, cuka atau detergen. Lalu, siapkan pula satu ember air bersih.

Baca Juga: Tiga Bahan Makanan Ini Ampuh Bersihkan Lumut di Dinding dan Lantai

Kemudian, rendam spons halus ke dalam larutan pembersih. Peras spons hingga tidak terlalu basah. Gosok dengan halus bagian dinding yang kotor hingga bersih. Langkah selanjutnya, lap bagian dinding yang sudah dibersihkan tadi dan ibilas dengan air bersih.

Untuk membersihkan jenis cat dinding lateks, langkah pertama siapkan campurkan soda kue dengen sedikit tetes air, dan satu ember air hangat. Gunakan spons atau kanebo yang sudah direndam air hangat.

Peras spons dan gosokkan ke permukaan dinding yang terdampak noda banjir dengan cara melingkar hingga kotoran memudar. Lalu, seka bagian yang dibersihkan tersebut dengan spons yang sudah dibilas dengan air hangat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda