Dirancang Berbeda, Inilah Beberapa Penjara Mewah di Eropa

Di beberapa negara Eropa, terdapat penjara dengan nuansa mewah dan tidak biasa. Para tahanan diberi fasilitas yang mendukung kenyamanan selama mereka menjadi warga binaan.

Penjara Termewah di dunia123-RumahHokie.com-istimewa
Penjara Bastoy, Norwegia. (Foto : Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apa yang ada dipikiran Anda ketika mendengar kata penjara? Mungkin sebagian kita akan berpikir mengenai hal yang seram, kejam dan penuh kekerasan.

Namun, di belahan bumi yang lain, tepatnya di beberapa negara Eropa, terdapat penjara mewah dan tidak biasa. Para tahanan diberi fasilitas yang mendukung kenyamanan selama mereka menjadi warga binaan.

Mereka tak dikurung dalam ruangan sempit dengan kungkungan jeruji besi, melainkan ditempatkan di dalam kamar tahanan yang terbilang nyaman serta memiliki interior yang cukup indah pula.

Baca Juga : Putrinya Menikah, Bapak Kaya Ini Bangun 90 Rumah Untuk Tuna Wisma

Lalu, penjara mana saja yang terbilang mewah dan memiliki rancangan unik? Simak ulasannya berikut ini, Hokie People.

Penjara Leoben Justice Centre, Austria

Arsitektur penjara Loeben Justice Center di Austria, yang bergaya modern minimalis. (Foto: wikimedia)

Jika dilihat sekilas dari luar, penjara Leoben Justice di wilayah Steiermark, Austria ini nampak seperti sebuah gedung perkantoran ataupun hotel bintang lima. Selesai dibangun pada tahun 2004 oleh arsitek Josef Hohensinn, penjara mewah ini tak nampak menyeramkan.

Menerapkan gaya arsitektur modern minimalis, Leoben Justice Centre dapat menampung 205 narapidana. Kabarnya, berkat rancangannya yang terlihat kekinian dan tidak menakutkan, penjara ini langsung habis dipesan oleh berbagai pihak.

Baca Juga : 4 Fakta Menarik Kastil Hastley, Lokasi Syuting Film Deadpool 2

Penjara Bastoy, Norwegia

Tak ada kata seram di penjara Bastoy, Norwegia. Para tahanan yang menjadi warga binaan di tempat tersebut akan merasakan seperti berlibur di sebuah pulau yang eksotis. (Foto: wikimedia)

Sekitar 75 km di lepas pantai Oslo, Norwegia terdapat sebuah pulau yang digunakan untuk penjara bagi terpidana untuk kasus pembunuhan, pemerkosaan dan narkoba. Diberi nama
penjara Bastoy, tempat ini dapat menampung 115 penjahat.

Salah satu penjara termewah di dunia ini menuai banyak kontroversi di Norwegia, karena dianggap tidak mencerminkan sebuah rumah tahanan yang dapat membuat jera para pelaku kriminal.

Hal itu dikarenakan Bastoy terlihat seperti sebuah pulau wisata dengan vila yang nyaman ketimbang penjara. Dilengkapi berbagai fasilitas, penjara mewah ini dianggap memanjakan narapidana.

Penjara JVA Fuhlbuettel, Jerman

Interior penjara JVA Fuhlsbuettel di Hamburg, Jerman, yang didesain selayaknya sebuah kamar kost yang nyaman. (Foto: pinterest)

Penjara mewah selanjutnya berada di Hamburg, Jerman. Dengan nama JVA Fuhlbuettel, penjara yang telah mengalami renovasi dan dibuka kembali tahun 2011 ini dilengkapi oleh fasilitas tempat tidur, sofa, dan toilet. Bahkan narapidana diberi ruang untuk rapat kecil serta memiliki akses ke mesin cuci merek baru dan pengering untuk melakukan laundry sendiri.

Penjara Champ Dollon Prison

Tampilan ruang penjara Champ Dollon yang nampak seperti sebuah asrama. (Foto: lenouvelliste)

Telah mengalami perubahan di tahun 2008, penjara Champ Dollon yang terletak di Jenewa, Swiss, ini dikenal sebagai penjara dengan fasilitas laiknya hotel bintang 3 yang nyaman.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda