Diubah Jadi Apartemen, Lokasi Syuting Game of Thrones Mulai Dijual

Terletak di Irlandia Utara, kastil Gosford dibangun pada pertengahan 1800-an oleh Archibald Acheson dan memiliki banyak kisah sejarah dalam penggunaannya.

Gosford Castle-Northern Ireland-RumahHokie.com-istimewa
Fasad dari bangunan Kastil Gosford di Irlandia Utara yang menjadi lokasi film Game of Thrones. (Foto: Artur Nagalski/Shutterstock)

RumahHokie.com (Irlandia Utara) – Sebuah istana megah bernama Gosford Castle yang digunakan untuk tempat syuting film Game of Thrones dikabarkan akan dijual ke pasaran dengan harga 500 ribu pounds atau setara dengan Rp9,4 miliar.

Terletak di Irlandia Utara, kastil Gosford dibangun pada pertengahan 1800-an pada masa pemerintahan Sir Archibald Acheson.

Tempat tersebut memiliki sekitar 15 kamar tidur dan 10 kamar mandi. Dengan fasilitas tersebut, istana ini telah digunakan sebagai hotel sejak tahun 1983.

Baca Juga : 4 Fakta Menarik Kastil Hastley, Lokasi Syuting Film Deadpool 2

Dilansir dari Architecuraldigest, rumah bagi klan Tully dalam film Game of Thrones tersebut telah masuk ke listing iklan properti yang dikelola oleh Maison Real Estate dan sebagian akan diubah fungsinya menjadi hunian vertikal mewah.

“Sebagian dari kastil Gosford yang dipasarkan untuk dijual, telah dikembangkan untuk menjadi enam apartemen mewah. Masing-masing unit dibuat seluas 325 meter persegi serta dilengkapi fasilitas taman di atas atap,” jelas Maison Real Estate.

Dirancang dengan gaya arsitektur Norman Revival oleh arsitek London Thomas Hopper, rumah ini menjadi bagian dari banyak kisah sejarah.

Dahulu, bangunan tersebut digunakan sebagai pangkalan untuk kerajaan Earl of Gasford. Kemudian jauh sesudahnya, ketika periode Perang Dunia ke-II, kastil itu dikuasai dan digunakan untuk mengakomodasi pasukan dan bahkan tahanan kamp perang.

Baca Juga : Pangeran Harry dan Meghan Dihadiahi Rumah Baru yang Bersejarah

Tempat tersebut kembali digunakan oleh militer lagi, sebelum diubah menjadi sebuah hotel pada tahun 1983.

Setelah usai perang, kastil Gosford dijual ke Kementerian Pertanian dan ditetapkan sebagai hutan konservasi pertama di Irlandia Utara.

Saat ini, istana bersejarah itu telah di restorasi besar-besaran yang terjadi sejak tahun 2006. Para arsitek dan perajin memperbaiki berbagai interior gedung tersebut, seperti bagian tangga, bagian plafon di area berkubah.

Pengelola kastil Gosford mengubah perkebunan menjadi sejumlah tempat tinggal mewah. Bangunan itu merupakan bagian dari lahan seluas 590 hektar hutan lindung. Dengan area sebesar itu, membuatnya di kelilingi oleh ruang terbuka hijau (RTH) yang asri.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda