Dorong Capaian Program Sejuta Rumah, Kementerian PUPR Siapkan Strategi Khusus

Terdapat 15 strategi yang akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan perumahan bagi masyarakat.

Kementerian PUPR, Program Sejuta Rumah, Program Perumahan, Khalawi Abdul Hamid
Ilustrasi pembangunan Program Sejuta Rumah. (Foto: dok Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan sejumlah stategi khusus untuk mendorong capaian Program Sejuta Rumah. Hal tersebut dilakukan guna mencapai target pembangunan hunian yang telah mereka tetapkan pada tahun 2019 ini.

Dalam siaran pers yang dilansir, Selasa (16/07/2019), Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, menjelaskan pihaknya akan terus menggandeng semua pemangku kepentingan untuk memenuhi target pembangunan 1,25 juta unit rumah.

“Kami sudah menyiapkan stategi khusus untuk mendorong agar capaian Program Sejuta Rumah bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Pembangunan Capai 24,8%, Kementerian PUPR Lakukan Evaluasi Program Perumahan

Lebih lanjut Khalawi menerangkan, setidaknya ada 15 strategi yang akan dilaksanakan oleh pihaknya untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan perumahan untuk masyarakat.

Beberapa stategi tersebut antara lain, segera menarik uang muka untuk pekerjaan yang telah terkontrak serta meningkatkan koordinasi dengan BP2JK dalam rangka percepatan pelaksanaan lelang.

Ditjen Penyediaan Perumahan juga akan mengoptimalkan peran Satgas P2PSR dalam melakukan koordinasi, memantau, mengevauasi dan memberikan rekomendasi serta memfasilitasi penyesaian masalah.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bantu Komunitas Pedagang Bakso dan Tahu untuk Miliki Rumah Layak

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan mendorong Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk mengendalikan rencana kerja dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan secara berkala.

Berdasarkan data yang dimiliki Kementerian PUPR capaian program perumahan tersebut sejak bulan Juli 2019 telah mencapai angka 626.330 unit hunian.

“Progress pembangunan fisik program perumahan baru mencapai 24,8%. Sedangkan progres keuangan mencapai angka 33,56%,” terangnya.

Capaian Pembangunan Perumahan Tahun 2018
Khalawi juga menyampaikan pembangunan Rusun pada tahun 2018 lalu untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mencapai 28 tower, Rusunawa untuk PTN dan PTS sebanyak 68 tower dan LPKB sebanyak 123 tower.

Baca Juga: Anggarkan Dana Rp78,75 Miliar, Kementerian PUPR Akan Benahi 4.500 Rumah di NTB

Sedangkan pembangunan Rumah Khusus pada tahun 2018 lalu untuk nelayan mencapai 1.614 unit, untuk Polri 490 unit dan untuk ASN/TNI sebanyak 271 unit.

Kementerian juga mewujudkan pembangunan rumah bagi MBR/Program Pemerintah dan Suku Terasing yang mencapai 1.215 unit serta rumah khusus untuk korban bencana,konflik dan relokasi sebanyak 186 unit.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda