Dukung Industri Properti Nasional, ATR/BPN Tawarkan Dua Pilar

Kementerian ATR/BPN ikut membantu industri properti di Indonesia agar dapat bertumbuh, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional.

pembukaan-munas-rei-ke-16-rumahhokie-dok
Musyawarah Nasional Real Estat Indonesia (Munas REI) ke-16 dibuka secara resmi oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil (Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Berkomitmen mempercepat pembangunan ekonomi secara lebih merata di Tanah Air, Pemerintah membantu membangun industri properti di Indonesia. Tujuannya, agar bisnis riil ini dapat bertumbuh, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil saat membuka acara Musyawarah Nasional Real Estat Indonesia (Munas REI) ke-16 di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, Jakarta, (27/11/2019).

Baca Juga: Gelar Munas ke-16, REI Ingin Regulasi Perumahan Lebih Tertata

Lebih lanjut, Sofyan A. Djalil menjelaskan bahwa dalam industri real estat Kementerian ATR/BPN memiliki dua pilar yang berkaitan, yaitu pertanahan dan tata ruang.

“Untuk itu kita akan perbaiki sistem regulasinya sehingga dapat efisien. Saya yakin dengan sistem regulasi pertanahan dan tata ruang yang efisien beberapa tahun ke depan pertumbuhan ekonomi akan menjadi jauh lebih baik,” kata Sofyan dalam siaran pers yang dirilis Kementerian ATR/BPN.

Soroti Regulasi Pendukung Sektor Properti
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata mengatakan bahwa perhelatan munas ini untuk menyusun kembali orientasi organisasi dalam tiga tahun ke depan.

“Perhelatan Munas REI merupakan event terbesar dan forum tertinggi organisasi REI, kegiatan ini sekaligus memilih pemimpin terbaik yang akan menakhodai REI untuk periode 2019 – 2022,” ujarnya.

Baca Juga: Upaya ATR/BPN Lakukan Pendaftaran Aset Tanah Milik BUMN

Dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 November 2019, Munas REI ke-16 tahun 2019 mengangkat tema “Menata Kembali Regulasi dan Kebijakan yang Mendukung Program Pembangunan Perumahan Rakyat dan Bertumbuhnya Industri Properti”.

Soelaeman Soemawinata menambahkan, melalui tema tersebut REI mengharapkan pemerintah dapat menyusun dan menjamin adanya regulasi yang mendukung bertumbuhnya bisnis properti sehingga aktivitas industri properti dapat berjalan dengan lebih baik, tumbuh dengan positif dan memberikan dampak terhadap perekonomian nasional.

Baca Juga: ATR/BPN Tindaklanjuti Wacana Penghapusan IMB dan AMDAL

Sebagai informasi, REI merupakan asosiasi para pengembang perumahan yang sering disebut sebagai Developer. REI diakui dan menjadi stakeholders pemerintah dalam menjalankan amanat Undang-undang untuk menyediakan rumah bagi rakyat Indonesia.

Pesta demokrasi organisasi yang diselenggarakan oleh organisasi perusahaan real estat tertua dan terbesar di Indonesia ini juga merupakan wadah untuk menetapkan program umum organisasi, penilaian laporan pertanggungjawaban DPP, dan puncaknya adalah memilih dan menetapkan Ketua Umum DPP REI periode 2019 – 2022.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda