Dukung Program Sejuta Rumah, Bank BTN Kucurkan Rp144 Triliun

Selain menggunakan KPR subsidi melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bank BTN juga menawarkan beberapa skema pemilikan rumah.

rumah-subsidi-MBR-villa-kencana-cikarang-arrayan-bekasi-development-rumahhokie-anto-erawan
Rumah subsidi besutan PT Arrayan Bekasi Development: Villa Kencana Cikarang (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Bekasi) – PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. bertekad terus mendukung Program Sejuta Rumah yang diinisiasi Presiden Joko Widodo 29 April 2015 lalu di Semarang.

“Sejak diluncurkan pada 2015 hingga kuartal I/2017, nilai kredit perumahan yang telah disalurkan Bank BTN dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah mencapai sekitar Rp144,37 triliun,” papar Maryono dalam acara peresmian perumahan sederhana Villa Kencana Cikarang yang juga dihadiri Presiden Jokowi, Kamis (4/5/2017).

Baca juga: Presiden Resmikan 8.700 Rumah Pekerja dengan Uang Muka Rp1 Jutaan

Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com
Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com

Menurutnya, dukungan Bank BTN dalam Program Sejuta Rumah tersebut juga tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa misalnya, mulai April 2015 hingga kuartal I/2017, Bank BTN telah menyalurkan KPR dan kredit konstruksi untuk 851.204 unit rumah atau senilai Rp103,82 triliun.

Di Sumatera, Bank BTN mengucurkan kredit perumahan senilai Rp19,42 triliun untuk 235.226 unit rumah. Bank dengan kode emiten BBTN ini pun tercatat mengucurkan kredit perumahan untuk 116.787 unit rumah senilai Rp9,77 triliun di Kalimantan.

Lalu, di Sulawesi, tercatat ada 97.672 unit rumah yang mendapat kucuran kredit perumahan dari Bank BTN atau setara Rp7,18 triliun. Di Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat, Bank BTN juga menyalurkan kredit perumahan senilai Rp3,44 triliun untuk 33.851 unit rumah. Sementara di Papua, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan senilai Rp722 miliar untuk 6.642 unit rumah.

 

Beberapa Skema Pemilikan Rumah
Selain melalui skema KPR subsidi melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), masyarakat di Indonesia pun dapat memiliki rumah lewat skema kemitraan Bank BTN dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK).

Melalui skema tersebut, masyarakat dapat memiliki rumah senilai maksimal Rp500 juta dengan DP 1% dan bunga KPR sebesar 5% fixed hingga 20 tahun.

Baca Juga: Presiden Resmikan 6.000 Unit Rusunami Seharga Rp293 Juta

Skema lainnya yakni melalui KPR Mikro untuk memiliki atau merenovasi rumah dengan plafon kredit maksimal sebesar Rp75 juta. Kredit bagi masyarakat dengan penghasilan Rp1,8 juta – Rp2,8 juta ini dikenai DP sebesar 1% dan skema angsuran yang bisa dibayar harian atau mingguan.

“Bank BTN akan terus mewujudkan komitmen bagi pemenuhan kebutuhan rumah untuk kalangan MBR. Hal ini merupakan komitmen Bank BTN dalam mendukung program pemerintah di sektor perumahan nasional. BTN akan mengambil peran utama dalam merealisasikannya,” tegas Maryono menambahkan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda