Dukung Program Sejuta Rumah, Bank BTN Siap Bermitra dengan BP Tapera

Bank BTN menilai, menjadi mitra BP Tapera merupakan sinergi yang sangat tepat sejalan dengan upaya mendukung kesuksesan Program Sejuta Rumah.

bank-btn-bp-tapera-maryono-ariev-siregar-budi-satria-by-anto-erawan-rumahhokie-dok
Bank BTN dan BP Tapera dinilai memiliki visi yang sejalan, sebagai agen pemerintah untuk mendukung program pembiayaan perumahan rakyat. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai bank spesialis pembiayaan perumahan, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. menyatakan siap mendukung Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk mempermudah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mengakses rumah.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, Bank BTN dan BP Tapera memiliki visi yang sejalan. Keduanya adalah agen pemerintah yang disiapkan untuk mendukung program pembiayaan perumahan yang menyasar MBR.

Baca Juga: Targetkan Rp362 Miliar, Gapuraprima dan Bank BTN Rilis Program “BIG 5”

Untuk mencapai visi tersebut, ujar Maryono, Bank BTN melakukan berbagai langkah strategis untuk mengembangkan kapasitas bisnisnya, seperti merampungkan aksi akuisisi perusahaan Manajer Investasi dan meracik skema pembiayaan perumahan baru, agar semakin banyak masyarakat yang dapat memiliki rumah.

“Menjadi mitra BP Tapera merupakan sinergi yang sangat tepat sejalan dengan upaya kami terus mendukung kesuksesan Program Sejuta Rumah. Ini bukan program BTN, tetapi program pemerintah yang perlu didukung bersama stakeholder terkait bidang perumahan,” tutur Maryono dalam acara buka puasa bersama Direksi Bank BTN dengan Media di Jakarta, Ahad, (26/5/2019).

Baca Juga: 16 Developer Raih “100 Billion Achievement Award 2019” dari Bank BTN

Bank BTN pun telah melakukan berbagai inovasi dan sinergi di segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi kelompok MBR. Di segmen KPR Subsidi misalnya, perseroan aktif bersinergi dengan berbagai pihak, guna penyaluran kredit yang lebih luas. Perseroan pun menciptakan produk KPR Mikro untuk menyasar MBR informal seperti tukang ojek online dan tukang bakso untuk memiliki rumah.

Dana Tapera Capai Rp10,4 Triliun
Sementara itu, Deputi Komisioner BP Tapera Bidang Pemanfaatan, Ariev Baginda Siregar mengatakan, kehadiran BP Tapera ditujukan agar kebutuhan kalangan MBR akan perumahan dapat dipenuhi. Kehadiran BP Tapera, ujar Ariev, bertujuan untuk menyediakan dana murah jangka panjang. Dana tersebut akan disalurkan untuk pembiayaan perumahan yang berkesinambungan.

“Peserta Tapera yang tergolong sebagai masyarakat berpenghasilan rendah dapat memeroleh manfaat untuk pembelian rumah, perbaikan rumah, atau membangun rumah melalui KPR dengan bunga rendah yang disalurkan oleh institusi keuangan yang bekerja sama dengan kami,” jelas Ariev.

Baca Juga: Komisioner Dilantik, BP Tapera Dapat Kucuran APBN Rp2,5 Triliun

Saat ini, Ariev menjelaskan BP Tapera tengah merancang pondasi mulai dari SDM, keuangan, logistik, hingga rencana strategis dalam lima tahun pertama.

Nantinya, kalangan masyarakat yang ditargetkan menjadi peserta Tapera yakni para pekerja asing, pekerja swasta, pekerja mandiri, pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Aparatur Sipil Negara (ASN)/Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Baca Juga: Badan Pengelola Tapera Segera Gantikan Tugas Bapertarum-PNS

Menurut Ariev, per April 2019, BP Tapera telah memiliki dana senilai Rp10,4 triliun. Dana tersebut berasal dari Taperum-PNS yang nantinya akan diperuntukkan bagi pemupukan, pemanfaatan, dan dana cadangan bagi peserta yang pensiun.

“Kedepannya, dana tersebut akan terus meningkat. Kami memproyeksikan potensi peserta Tapera akan mencapai 139 juta orang pada 2024,” kata Ariev.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda