Dukung Program Sejuta Rumah di Jabar, Himperra Minta Perizinan Dipermudah

Jumlah backlog perumahan di Jawa Barat berada di peringkat pertama. Hal itu menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan,

rumah-subsidi-MBR-villa-kencana-cikarang-arrayan-bekasi-development-rumahhokie-anto-erawan-dok
Rumah subsidi Villa Kencana Cikarang (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Bandung) – Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Jawa Barat menyatakan siap mendukung pelaksanaan Program Sejuta Rumah.

Saat ini, Himperra tetap fokus untuk membangun rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Jawa Barat agar mereka memiliki rumah layak huni dan terjangkau. Demikian penuturan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himperra Provinsi Jawa Barat, Iswadi, di sela pameran perumahan bertajuk “Gebyar Rumah Jabar 2019”, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga: Asmat Amin: Buat Apa Infrastruktur, Kalau Rakyat Tidak Punya Rumah!

“Kami akan terus mendukung program pemerintah dalam pembangunan rumah untuk masyarakat. Dalam hal ini kami akan mendukung penuh Program Sejuta Juta Rumah di Jawa Barat,” kata Iswadi.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah backlog perumahan di Jawa Barat berada di peringkat pertama. Hal itu tentunya menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan, mengingat pertumbuhan penduduk di Jawa Barat meningkat pesat setiap tahun.

“Potensi pasar perumahan di Jawa Barat ini sangat tinggi. Untuk itu kerjasama dan sinergi dari para pemangku kepentingan bidang perumahan di Jawa Barat harus terus ditingkatkan,” terang Iswadi.

Baca Juga: Ini Dia Rumah Subsidi di Kawasan Bekasi, Tangerang, dan Bogor

Hingga saat ini, imbuhnya, sebanyak 200 pengembang perumahan di Jawa Barat yang tergabung dalam Himperra terus membangun rumah-rumah bersubsidi dengan harga terjangkau.

“Diperkirakan, setiap tahun akan ada tambahan sekitar 50 pengembang yang bergabung ke dalam Himperra, sehingga diharapkan capaian pembangunan rumah untuk masyarakat akan semakin banyak,” ujarnya.

Permudah Perizinan
Di sisi lain, tutur Iswadi, Himperra juga berharap pemerintah bisa lebih mempermudah perizinan dan memberikan bantuan kepada para pengembang yang benar-benar fokus membangun rumah subsidi. Pasalnya, saat ini target pembangunan rumah bukan hanya menyasar MBR saja, tetapi juga generasi milenial yang ke depan akan membutuhkan hunian untuk tempat tinggal mereka.

“Ke depan semakin banyak kebutuhan rumah untuk masyarakat, termasuk untuk generasi milenial. Hal itu tentu harus diantisipasi sebaik mungkin dengan menyiapkan regulasi dan perizinan yang mudah terkait masalah perumahan,” kata Iswadi.

Baca Juga: Naikkan Batasan Gaji Penerima KPR Subsidi, Pemerintah Gagal Paham!

Terkait pelaksanaan Pameran Gebyar Rumah Jabar, Himperra mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut. Selain untuk sarana promosi hasil pembangunan rumah yang dibangun pengembang, ajang ini juga dapat mengedukasi masyarakat mengenai berbagai kebijakan dan program pembiayaan di bidang perumahan.

“Selama ini banyak pameran perumahan hanya untuk kalangan menengah ke atas. Sedangkan pameran rumah subsidi jarang sekali. Padahal banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang butuh informasi tentang perumahan subsidi. Jadi pameran seperti ini harus rutin dilaksanakan satu atau dua kali setahun,” kata Iswadi berharap.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda