Efektif Serap Polusi Udara, Ini Dia Tips Menanam Pohon Trembesi di Lingkungan Rumah

Menurut penelitian, satu batang pohon Trembesi mampu menyerap karbondioksida (CO2) di udara sebanyak 28,442 kg setiap tahunnya.

Tips Menanam Pohon Trembesi, menanam pohon, pohon menyerap polusi
(Foto: Shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Beberapa hari belakangan ini, dunia maya diramaikan oleh pemberitaan mengenai tingkat polusi udara Kota Jakarta yang kian memburuk.

Menurut data hasil pantauan AirVisual, DKI Jakarta termasuk dalam 5 kota dengan pencemaran udara terburuk di dunia setelah Krasnoyarsk (Rusia), New Delhi (India), Tashkent (Uzbekistan), dan Lahore (Pakistan).

Nilai air quality index (AQI) Jakarta pada Juli 2019, rata-rata tahunan konsenstrasi PM 2,5 berada di level 61,1 mikrogram per meter kubik.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menanam Pohon di Halaman Rumah

Dengan kondisi tersebut, maka diperlukan tindakan nyata, seperti memperbanyak menanam pohon untuk mereduksi polutan yang bertebaran di udara Jakarta.

Salah satu tanaman yang dianggap bagus dalam menyerap polusi serta emisi di udara adalah pohon Trembesi atau Albizia saman.

Dilansir dari biodiversitywarriors, menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, satu batang dewasa pohon Trembesi mampu menyerap sekitar 28,442 kg karbondioksida (CO2) setiap tahunnya.

Trembesi atau dikenal pula dengan sebutan ‘Ki Hujan’, memiliki kemampuan menyerap air tanah yang kuat serta tergolong pohon yang mudah dalam hal penanaman dan perawatan.

Baca Juga: Gunakan Aquaponik, Pemilik Properti Bisa Tanam Sayuran di Lahan Terbatas

Lalu, bagaimana caranya jika Hokie People ingin mencoba menanamnya? Simak tips berikut ini yang dilansir dari Djarumtreesforlife.

Tentukan area tanam yang tepat
Pohon Trembesi mempunyai jaringan akar yang luas, sehingga kurang cocok apabila ditanam di taman depan rumah, karena bisa merusak bangunan dan jalan. Penanaman trembesi sebaiknya dilakukan di area terbuka luas.

Buatlah lubang dengan kedalaman ideal
Selain area tanam, perhatikan pula lubang untuk menanam bibit pohon tersebut. Buatlah lubang dengan diameter dan kedalaman mencapai 60 cm.

Baca Juga: Kemarau Tiba, 4 Tanaman Ini Bisa Bikin Ruang Tamu Terasa Sejuk Lho

Sementara untuk jarak tanam antar pohon trembesi, idealnya mencapai 15 meter. Agar tajuk pohon dapat tumbuh secara optimal.

Perhatikan proses penanaman dan pemupukan
Proses penanaman pohon ini tergolong mudah. Setelah pohon memasuki masa ideal tanam, kurang lebih 14 hari sejak setelah proses pembibitan, beri pupuk ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Kemudian, masukkan bibit trembesi yang sudah dipindahkan ke polybag ke dalam lubang. Tutup kembali dengan campuran tanah dan pupuk kendang.

Lakukan perawatan secara tepat
Untuk menjaga pohon trembesi tumbuh dengan baik, maka lakukanlah penggemburan tanah
sekitar pohon secara berkala sebelum melakukan penyiraman.

Jangan lupa untuk merawat
cabang pohon agar trembesi dapat tumbuh optimal dan menjadi pohon peneduh. Untuk menjaga agar pertumbuhannya simetris dan kuat, siapkan bambu untuk menyanggah
pohon.

Selamat mencoba, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda