eFLPP Diluncurkan, Pengurusan KPR Subsidi Hanya Tiga Hari

Dengan sistem e-FLPP ini, pasti datanya juga akurat. Karena kalau datanya tidak sama, tentu akan ditolak oleh sistem itu

rumah-subsidi-dok

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mempermudah proses permohonan dana kredit pemilikan rumah fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (KPR FLPP) dari Bank Pelaksana. Jika semula proses memakan waktu maksimal tujuh hari pelayanan, kini dipersingkat menjadi hanya tiga hari.

“Kecepatan proses ini bisa dilakukan dengan pengaplikasian elektronik FLPP (e-FLPP),” jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat peluncuran e-FLPP di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Basuki berharap aplikasi daring e-FLPP dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, sehingga dapat lebih cepat dan tepat sasaran untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Dengan sistem e-FLPP ini, pasti datanya juga akurat. Karena kalau datanya tidak sama, tentu akan ditolak oleh sistem itu,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima RumahHokie.com.

Menurutnya, dengan aplikasi tersebut juga mempermudah masyarakat mengakses dan mengetahui semua persyaratan mendapatkan FLPP. Basuki juga berharap dengan diluncurkannya e-FLPP yang dapat mempercepat pelayanan juga membuat bisnis properti semakin baik lagi.

“Harapan saya untuk e-FLPP ini tidak hanya kecepatan, kepastian untuk dapat melayani customer dan berharap e-FLPP melalui pelayanan kinerja FLPP yang lebih baik dan bisnis properti yang lebih bergairah,” tutur Basuki.

Sementara itu Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP), Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan akan terus meningkatkan kecepatan waktu pelayanan.

“Bahkan jika dimungkinkan bisa dalam waktu satu hari. Tapi kita akan evaluasi dulu (proses) yang tiga hari,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, FLPP merupakan program pemerintah yang meringankan MBR dalam memiliki rumah layak huni. MBR yang berpenghasilan maksimal Rp4 juta per bulan untuk rumah tapak dan Rp7 juta per bulan untuk rumah susun, dapat mengajukan KPR FLPP melalui 10 Bank Nasional dan 15 BPD yang telah menjadi Bank Pelaksana KPR FLPP.

Dengan menggunakan FLPP, MBR diberi keleluasaan mengangsur rumah selama maksimal 20 tahun, dengan suku bunga tetap sepanjang masa kredit sebesar 5% dan uang muka mulai 1%. Disamping itu, penerima FLPPP juga diberikan asuransi jiwa, asuransi kebakaran dan asuransi kredit.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda